Ini lah Haknya Seorang Muslim Terhadap Sesama Muslim


Voovilo.com- Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana saling membutuhkan satu sama lainnya, dan mempunyai sikap saling ketergantungan. Begitulah kehidupan manusia tidak akan bisa bertahan hidupnya tanpa ada bantuan dari orang lain, karna sehebat apapun manusia suatu saat pasti membutukan bantuan orang lain.

Maka dari itu sebagai umat muslim harus saling menyayangi sesama manusia karna dengan begitu kita akan merasakan hidup yang sesungguhnya. Tetapi keadaan seperti ini sudah hampir sulit ditemukan didaerah perkotaan, kebanyakan mereka hidupnya individualisme, dan hampir tidak mengenal antar satu sama yang lainnya.

Padahal jika kita sadari bahwa hal tersebut tidak ada gunanya kita hidup seperti itu. Dan bersyukurlah bagi kita yang masih hidup di daerah pedesaan yang dimana masih merasakan rukunnya tetangga, indahnya bermusyawarah, dan ramainya gotong royong.

Pembahas mengenai hal tersebut ternyata dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa ada enam perkara haknya seorang muslim terhadap muslim yang lainnya.

Yang pertama, jika bertemu mengucapkan salam.

Kita sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah pasti ingin saling mendoakan antara sesama, maka dari itu perbanyaklah mengucapkan salam ketika kita bertemu dengan seorang sahabat, keluarga maupun tetangga. Kenapa semua ini perlu dilakukan? karna didalam ucapan tersebut mengandung doa untuk keselametan kita. Dan beda dengan anak alay zaman sekarng ketika bertemu dengan seseorang yang saling mengenal bukan ucapan itu lagi yang terlontar tapi bahasa bahasa gaul yang sering dipergunkan, burukah hal itu? tidak juga, tetapi alangkah baiknya ketika kita seorang muslim maka ucapkanlah kata kata baik agar menjadi doa untuk kita.

Yang kedua, jika diundang maka hadirilah

Inilah yang akan mempererat tali silaturahmi antar manusia yang dimana kita bisa bertemu dengan sodara sodara kita dimanapun dia berada. Undangan yang sudah menjadi kebiasaan di indonesia itu, bukan hanya dalam pernikahan, tetapi dalam hal lainnya misalnya, acara khitanan, ataupun syukuran dalam suatu acara. Dan terkadang perkara ini suka dianggap hal spele oleh sebagian manusia, berbagai alasan mereka tidak memenuhi undangan saudara nya, padahal ternyata jika kita sudah mengetahui hal tersebut sudah tercantum dalam hadist dan itu sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, maka dari itu penuhilah undangan saudarimu agar saling menjalin silaturahmi dengan baik.
Karna salah satu keutamaan bersilaturahmi yaitu panjang umurnya dan dimudahkan rizkynya.

Yang ketiga, jika meminta nasihat maka nasihatilah

Kehidupan manusia tidak pernah jauh dari masalah dan kehilafan. Terkadang dengan masalah tersebut selain mengadu kepada sang pemberi masalah terkadang juga ingin menceritakan hal tersebut kepada makhluq Allah. Dan biasanya ini kebiasaan banyak wanita yang sering cerita terhadap sahabatnya, seolah olah dia punya sandaran yang membuat dia merasakan kenyamanan. Dan berbeda dengan laki laki entah karna cueknya sehingga jarang sekali terlihat cerita tentang sebuah masalah apa karna merka memang diciptakan untuk menjadi manusia kuat? Mungkinkah.

Meskipun terkadang kita menganggap spele dengan perkara ini padahal ternyata ini menjadi hak kita untuk saling menasihati antara mesama muslim, apalagi ketika sesorang sedang mengalami masalah besar maka wajiblah bagi kita untuk memberi nasihat nasihat yang baik agar mereka bisa bangkit dari sebuah masalah.

Yang ke empat, apabila bersin maka ucapkanlah basmalah kemudian balaslah dengan membaca doa
Sesuatu yang terjadi pada badan kita merupakan sebuah nikmat yang Allah SWT berikan kepada hambanya, salah satu nya hal ini, ketika kita mampu bersyukur maka kita akan menikmati dengan menyebut nama nama Allah tetapi jika kita tidak pernah bersyukur maka yang ada bukan memuji Allah tetapi malah mengucapkan bahasa bahasa yang sangat buruk untuk diucapkan.

Maka dari itu ketika nikmat itu diterima ucapkan lah hamdalah agar apa yang Allah berikan menjadi nikmat.

Yang kelima jika sakit maka jenguk lah

Sakit merupakan sebuah kasih sayang Allah yang diberikan kepada hambanya, bagaimana mungkin bisa menjadi kasih sayang Allah bukankah sakit itu ujian? Iya ujian bagi orang orang yang sabar karna dengan sakit itulah manusia akan terhapus dari dosa dosanya.

Maka dari itu kita sebagai manausia yang harus saling menyayangi antara sesama muslim sudah menjadi kewajiban kita untuk saling mengasihi antara sesama, salah satunya ketika tetangga ataupun saudara kita sakit maka lihatlah dan doakanlah, agar apa yang kita lakukan saat ini bisa menjadi bekal untuk kita disuatu hari nanti.

Yang keenam jika wafat maka kuburkanlah

Kematian merupakan hal yang pasti menghampiri semua makhluk ciptaan Allah yang hidup di dunia ini. Dan tanpa mengenal batasanan waktu dan usia. Kematia itu diibaratkan ketika seseorang menebang sebuah bambu, yang dibutuhkannya yang tua tetapi terkadang yang kecilpun ikut tumbang, begitupun dengan kematian, tak ada seorang pun yang mengetahui akan hal ini, tugas kita sebagai manusia hanya mempersiapkan sebaik mungkin untuk menunggu kematian itu.

Dan ketika mati maka tidak akan bisa berbuat sesuatu sekecil apapun itu. Maka dari itu, menjadi kewajiban orang hiduplah untuk mengurus seseorang yang telah meninggal dan ini hukumnya fardu kifayah.

Ditulis Oleh: Erniawati

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon