Hak Orang Tua Terhadap Anaknya Yang Harus Mereka Penuhi

Hak Orang Tua Terhadap Anaknya Yang Harus Mereka Penuhi
Voovilo.com-Ketika dua insan telah dipertemukan oleh sang pemberi jodoh maka tidak akan ada lagi penghalang yang dapat menolaknya. Karna pada dasarnya jodoh telah ditetapkan sebelum kita lahir kedunia ini. Dan ketika pertemuan itu berlanjut kepada jenjang pernikahan maka kebahagiaan akan menghapiri, dan seiring berjalannya waktu bersama pendamping hidup, terkadang kebahagiaan itu belum terasa sempurna ketika belum hadirnya sang buah hati, karna salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk melanjutkan keturunan.

Tetapi pada saat ini terkadang kehadiran buah hati itu tidak dirindukan oleh sebagian keluarga baru, karna mereka beralasan ingin menikmatin masa pengantinnya hingga beberapa bulan bahkan tahun. Padahal kebahagiaan itu akan terasa sempurna ketika keluarga itu mulai dilengkapi dengan keturunanya.

Seorang anak yang lahir kedunia ini sebagai titipan dari Allah kepada orang tua kita, yang dimana seorang anak mempunyai hak haknya yang harus dipenuhi oleh orang tuanya

Yang pertama, harus memberikan nama yang baik

Nama merupakan doa. Maka dari itu perbaguslah namanya agar setiap orang memanggilnya menjadi doa yang baik. Dan pergunakanlah nama nama yang ada dalam alquran.

Memang jika kita melihat pada zaman dahulu orang tua yang kurang tau tentang hal ini, kebanyakan mereka memberi nama anaknya itu tanpa mengandung arti yang diperintahkan oleh agama, yang penting anak anaknya diberi nama, tetapi beda dengan jaman sekarang pengetahuan sudah semakin luas, dan pemikiranpun harus semakin berkembang maka dari itu perbaguslah nama nama keturunan kita agar mereka selalu mendapat doa setiap waktunya.

Yang kedua, mendidiknya dan mengajari baca tulis

Mendidik seorang anak merupakan sebuah kewajiban orang tua, terutama seorang ibu, karna kebanyakan seorang anak begitu dekatnya dengan seorang ibu, yang diman dia merasakan bagaimana dekapan kasih sayangnya itu lebih dekat.

Maka dari itu seorang ibu harus mempunyai pendidikian yang baik terutama dalam hal agama karna ketika kelak dia melahirkan maka dia akan menjadi madrasah pertama untuk anak anaknya.

Dan ketika seorang ibu yang paham tentang bagaimana keinginan dan harapannya kepada sang anak yang dikandungnya maka dari itu orang tua tidak hanya mendidik setelah melahirkan tetapi ada pendidikan didalam kandungan, maka dari itu selama kehamilan lakukan lah hal hal positif yang akan memberikan pembelajaran untuk sang buah hati, sehingga ketika dia terlahir kedunia dapat menjadi anak yang soleh dan sholehah, karna ketika semua itu telah menjadi kebiasaan sejak iya mengenal dunia maka akan lebih mudah untuk mendidiknya.
Dan tidak hanya pendidikan saja, tetpai seorang anak perlu diajarkan berenang dan memanah agar dia dapat menjaga dirinya dari kejahatan manusia.

Yang ke tiga, hendaknya memberi rizky yang halal

Rizky merupakan perkara yang telah ditentukan oleh Allah kepada hambanya. Tetapi manusia tidak pernah merasa cukup dengan pemberian Allah, maka dari itu tekadang untuk mencari kelebihannya itu mereka menggunakan jalan yang tidak baik, perkara yang sangat dibenci Allah, salah satu contohya mencuri, korupsi.

Apakah semua itu perbuatan baik? sungguh tidak, dan kenapa manusia tidak berfikir tentang halal haramnya suatu pekerjaan, bagaimana mungkin anakanya tumbuh dengan baik, menjadi anak yang cerdas dan sholehah berbakti kepada orang tua nya apabila mereka di besarkan dengan uang yang tidak halal, darah dagingnya tumbuh dengan hal yang sangat dibenci Allah.

Maka dari itu, cari lah rizky yang halal, agar dia tumbuh dengan baik dan menjadi anak kebanggaan orang tua diduia dan akhirat.

Yang keempat, nikahkanlah jika anak itu telah tumbuh dewasa

Sungguh islam itu indah, segala perkara yang dibutuhkan manusia telah diatur islam sebaik mungkin. Hal ini yang terkadang sulit untuk di pahami oleh sebagian mausia, karna terkadang orang tidak siap dengan menikah dan akhirnya memilih untuk pacaran, padahal sudah jelas larangan pacaran itu seperti apa dalam alquran.


Dan yang anehnya zaman sekarang ketika ada pernikahan di usia muda pandangan orang orang aneh aneh, padahal sudah jelas dalam islam itu tidak ada larangan menikah muda. Maka dari itu sebagai orang tua jika melihat anaknya sudah dewasa dan mulai menyukai lawan jenisnya maka nikahilah agar mereka pacaran setelah menikah. Dan agar terjaga dari murkanya Allah.

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

This Is The Newest Post

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon