Tata Cara Bertamu Yang Baik dan Sopan Menurut Ajaran Agama Islam




Tata Cara Bertamu Yang Baik dan Sopan-Didalam agama islam segala sesuatu yang terjadi didunia ini telah diatur sebaik mungkin dan begitu rapih, semua itu terjadi agar kita tidak salah dalam menempatkan segala sesuatunya. Bukan hanya dalam beribadah saja Allah mengaturnya tetapi dalam hal bertamu pun ternyata ada aturannya tersendiri.

lakukan hal berikut ini ketika hendak bertamu

Coba untuk beritahu terlebih dahulu




Didalam perkotaan kebanyakan manusia atau orang-orang setiap harinya sibuk dengan pekerjaannya, sehingga sangat sulit untuk bertemu, maka dari itu ketika ingin bertemu dengan siapapun itu, beri tahu terlebih dahulu orang yang akan bertemu dengan kita, agar mereka bisa menyiapkan waktu yang tepat kapan untuk bertemu, sehingga pas ketemu nanti tidak mengganggu waktunya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat."

Tepat pada waktunya



Setelah kita memberi tahu dan meminta untuk janjian dalam bertemu maka tetapilah waktu itu, jangan sampai ketika perjajian itu telah fix, tapi kita sendiri yang tidak menepati janjinya, ini sungguh perkara yang tidak boleh dilakukan karna akan mengurangi kepercayaan orang lain.

Cobalah untuk tidak membuat orang lain menunggu, karena kamu sendiri tahu, bahwa menuggu adaah hal yang menjengkelkan, maka cobalah untuk disiplin pada waktu yang telah kamu janjikan.

Ucapkanlah salam


Ketika datang bertamu ke rumah orang, maka hendaklah mengucapkan salam sebagai rasa hormat dan saling mendoakan sebagai sesama orang muslim. Karna dengan mungucapkan salam tersebut.
Dari Abdullah bin Amr bin Ash, bahwasanya ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah saw : Bagaimanakah Islam yang baik itu? Beliau menjawab : "Yaitu kamu memberi makanan, dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang belum kamu kenal. HR. Bukhari dan Muslim

Menghormati ahlul bait dengan cara menunggu  untuk dipersilahkan

Ketika bertamu jangan sampai kita langsung masuk kerumahnya, tetapi jika pintunya belum dibuka maka tunggu sampai dibuka, jangan sampai kita sebagai tamu malah membuka sendiri, ini perbuatan yang tidak baik selaku tamu, setelah begitu jika sudah bertemu dengan orang yang punya rumahnya maka jangan dulu duduk sebelum dipersilahkan. Inilah tatacara yang islam perintahkan.

Meski kamu mengenal dekat pribumi, tapi harus ingat waktu

Bertamu berarti mendatangi rumah orang, dan pasti mempunyai batasan tersendiri, yang dimana ketika kita bertamu maka janganlah terlalu lama dan ketika ingin menyampaikan suatu kepentingan maka sampaikanlah sesuai tujuan, jangan sampai memperlambat tujuan kita. Kenpa harus seperti ini? Ditakutkan orang yang kita kunjungi masih punya kepentingan yang lebih penting untuk diselesaikan. Kecuali, ketika kita ingin menginap maka minta izin lah terlebih dahulu dan ketika sudah diperbolehkan maka nginaplah tetapi jangan lebih dari tiga hari.

Jagalah sikap


Perilaku merupakan penampilan diri kita, baik buruknya diri kita bisa dilihat dari apa yang kita lakukan terhadap orang lain. Maka dari itu perbaiklah sikap dan perilaku kita terhadap orang lain terutama ketika kita bertamu kerumah orang lain maka segala bentuk kesopanan harus dijaga agar orang lain tidak menganggap buruk terhadap diri kita.

Writer: Erniawati

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon