Memetik Hikmah Dari Setiap Ujian Kehidupan Yang Melanda


Hidup merupakan perjalanan sementara, yang harus dijalani didunia ini sebagai penghubung untuk melanjutkan kehidupan yang kekal diakhirat nanti. Dalam kehidupan itu tak seindah masa kecil yang dimana setiap keinginan dapat diminta kepada orang tau, tetapi ketika mulai dewasa kehidupan yang sesungguhnya mulai terasa, bagaimana caranya untuk bertahan dalam situasi apapun, karna tanpa disadari setiap saat masalah datang menghampiri dengan berbagai macam bentuk dan maksudnya.

Semua itu dapat menjadi pelajaran apabila kita mampu memahami arti dari sebuah cobaan tersebut. Karna perlu kita ketahui bahwa hidup ini tidak selurus jalan tol dan tak seindah bunga yang sedang mekar. Tetapi kehidupan ini seperti ketika kita melihat pegunungan yang dimana hanya terlihat indah apabila melihatnya dari kejauhan tetapi jika kita mulai berjalan dan menelusuri pegunungan tersebut segala yang tak pernah terbayangkan akan menghampiri, begitu pula dengan kehidupan.


Tetapi bagaimana sih cara untuk memetik hikmah dari setiap cobaan hidup?

Yang pertama, Memberikan kesempatan untuk beribadah


Kenapa Allah SWT memberi cobaan kedalam kehidupan kita? Mengkin salah satu alasannya agar kita semakin dekat dengan Allah, karena tanpa disadari ketika kebahagiaan menghampiri terkadang kita selalu sibuk menikmati kebahagiaan itu sampai lupa untuk bersyukur dan mengigat siapa yang memberi segala nikmatnya.

Allah SWT berfirman : “ dan (ingatlah) ketika tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatku) maka pasti azabku sangat berat.”
(QS. IBRAHIM :7)

Begitulah firman Allah dalam AlQur’an, tetapi semua itu tidak dipahami oleh setiap hambanya, sehingga mereka terlena dengan kebahagiaan sesaat. Dan ketika Allah memberikan suatu ujian yang menghampiri kehidupannya, tidak lain semua itu terjadi karna Allah ingin kita bisa selalu mengingatNya kembali, karna dengan cobaan hadir pasti manusia baru menyadari kepada siapa dia bersandar selain kepada Allah. Dan disinilah manusia menjadikan tetesan air matanya sebagai penghiasan dalam setiap doa doanya untuk mengingat Allah.

Yang kedua, menghapus dosa dan kesalahan

Ketika cobaan itu datang dan yakinlah bahwa semua itu berasal dari Allah, tanpa menyampaikan keluh kesahnya kepada mahlukNya maka Allah akan menghapus dosa dan kesalahan kita.

Ada sebuah contoh : ketika kita diberi cobaan berupa sakit

Ketika kita sakit Allah SWT tarik 3 perkara :

1. Allah tarik keceriaan wajah kita

2. Allah tarik selera makan kita

3. Allah tarik dosa kita

Maka apabila sembuh, Allah hanya menghantarkan 2 perkara saja :

1. Allah hantarkan kembali keceriaan wajah kita

2. Allah hantarkan kembali selera makan kita, Tetapi allah tidak menghantarkan kembali dosa kita

Dapat diambil hikmah dari pernyataan diatas, bahwa sungguh nikmatnya kasih sayang Allah yang dikaruniakan kepada kita semua. Andai saja setiap manusia bisa mengetahui hal tersebut pasti tidak akan ada lagi manusia yang protes atas segala cobaan itu.

Yang ketiga, kesempatan untuk introspeksi

Disini lah terkadang kesalahan mulai terasa apabila cobaan itu telah hadir. Salah satu contohnya ketika Allah memberikan sebuah penyakit yang dimana gejalanya disebabkan dari hal hal yang sering dilakukan oleh diri kita sendiri, maka di situlah mulai berusaha untuk berhati hati dalam menjaga kesehatan.

Begitupun didalam kehidupan ini, jika ujian itu telah menghampiri maka barulah berusaha untuk memperpaiki dalam setiap langkah, perbuatan maupun ibadah. Maka dari itu ujian hadir karna satu tujuan Allah agar kita selalu mengingatNya dalam suka maupun duka.

Yang keempat, Membuat seseorang tunduk kepada Allah

Ketika cobaan dalam kehidupan menghampiri, baik dalam masalah pekerjaan, keluarga, maupun dengan sesama manusia. Disinilah manusia kembali mengingat Allah, kembali mengerjakan apa yang diperintahkan Allah, karna menyadari tidak ada lagi tempat untuk bersandar, dan menyampaikan keluh kesahnya selain kepada allah.

Maka bersyukurlah ketika cobaan itu menghampiri disetiap waktu kita, mungkin Allah merindukan kehadiran kita untuk menjadi manusia yang selalu mengingat dan tunduk kepadaNya.

Yang kelima, pengalaman yang paling berharga

Pengalaman merupakan suatu kejadian yang tidak dapat dibeli dengan apapun, karna setiap kejadian merupakan sebuah pengalaman yang akan menjadi pelengkap kehidupan ini. Begitu pun dengan cobaan yang Allah berikan kepada kita pasti mengandung maksud dan tujuan, dan semua itu terjadi selalu dibungkus rapi dengan hikmah yang akan menjadi pelajaran untuk kehidupan kita.

Tetapi dikarnakan manusia terlalu sibuk menyalahkan apa yang terjadi, sehingga mereka lupa dengan hikmah yang ada dibalik setiap kejadiaan. Maka dari itu pahamilah baik baik apa yang terjadi dan yakinlah bahwa kejadiaan hari ini merupan hal yang akan kita syukuri dimasa depan nanti.

Maka teruslah berhusnudzon kepada Allah dan meyakini bahwa setiap ujian yang terjadi dalam hidup kita merupakan sebuah ketentuan yang telah diatur oleh sang maha pengatur, tugas manusia hanya bisa bersabar dan terus memperbaiki dalam setiap

kejadiaan, karena dengan masalah itu lah kita akan mengetahui mana yang terbaik untuk kita perjuangkan dan mana yang kurang baik untuk dijalani.

Penghobi menulis yang selalu berharap ridho Allah dalam setiap langkah

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon