Bukti Bahwa Sahabat Mampu Membawa Kita Ke Jalan Yang Lebih Baik

friendship

Sahabat merupakan teman yang bukan hanya sebatas mengenal, tetapi lebih dari itu, mereka memahami apa yang tidak pernah dikatakan, mereka mengerti tanpa harus dijelaskan, dan mereka menjaga tanpa harus diminta.

Persahabatan hadir bukan sesuatu yang direncanakan, tetapi mereka hadir dengan sendirinya, entah karna bertemu dalam sebuah acara, dalam organisasi, bahkan dalam tempat menuntut ilmu. Tetapi tanpa direncanakan inilah yang membuat ikatan batin persahabatn terjalin.

***
Tidak selamanya persahabatan itu terjalin dengan syariat islam, karna banyak diluar sana persahabatan terjalin karna memiliki satu tujuan atau kebiasaan yang sama, salah satunya seorang peria yang merokok mereka pasti mencari teman atau sahabat yang sama dengan kebiasaan yang sering dilakukan. Kenapa semua ini terjadi? ya karna ketika keinginana itu hadir maka dengan mudahnya dapat disalurkan dengan orang yang sama-sama menyukai hal itu, sungguh hal ini bukanlah persahabatan yang semestinya, karna pada dasarnya ketika kita menjadi seseorang yang jauh dari kebaikan maka bergabunglah dengan orang-orang baik agar kita bisa menjadi orang yang mampu memperbaiki

Lantas teman seperti apa yang baik menurut syariat islam?

Yang pertama, setiap melihatnya membuat hati mengingat Allah Swt
Ketika kita bersahabat dengan orang yang taat kepada Allah, yakinlah bahwa setiap apa yang dialakukan pasti bernilai ibadah, bahkan ketika melihat cara berpakaiannya pun, seolah-olah kita ingin mengikuti apa yang dia lakuakan.

Bagaimana tidak, ketika kita lupa kepada Allah Swt bila melihatnya saja kita langsung inget kepada Allah karna setiap waktunya hanya disibukan untuk mengingat Allah, setiap hembusan nafasnya hanya untuk berdzikir kepada Allah, sahabat seperti inilah yang sepatutnya kita miliki didunia ini, agar 
kita bisa terus berpegang teguh dan istiqomah kepada ajaran allah berssama sahabat dunia akhirat.
Yang kedua, selalu berusaha mengajak kepada kebaikan

Perkara yang terkadang sulit dilakukan itu berbuat baik, baik dalam hal ibadah, baik dalam akhlak maupun baik dalam setiap langkahnya. Disini lah terkadang kita terlena dengan indahnya nafsu dunia yang hanya sesaat, terkadang karna temen pula lah kita bisa terjerumus kepada hal hal yang tidak sepantasnya kita lakukan, nah dengan bersahabat bersama orang yang selalu mengajak kepada kebaikan, disitulah kita akan merasakan bagaimana bisa merasakan cahaya ketika arah dan tujuan ini terasa gelap, sahabat lah yang akan menuntun, menunjukan, dan membimbing agar apa yang menjadi tujuan kita yang sesungguhnya tidak pernah berpaling dari ajaran Allah Swt.
“sahabtmu adalah siapa yang bisa membuatmu menangis (karena kesalahanmu), bukan yang membuatmu tertawa (karna kesalahanmu).
(Ali bin Abi Thalib
Begitulah sahabat yang sesungguhnya yang dimana akan selalu mengingatkan kita atas sebuah kesalahan, menangis dalam dekapan yang membuat khilap yang akan diperbaiki, tersenyum yang membuat dunia akan lebih indah terasa.

Yang ketiga, selalu menyebut kita dalam setiap lantunan do'a-do'anya

Doa merupakan sebuah keinginan yang disampaikan kepada sang maha pemberi kenikmatan, maka dari itu sahabat yang taat kepada Allah itu akan selalu mengingat sahabat-sahabatnya dalam doanya karena berharap dipertemukan bukan hanya didunia saja tapi berharap agar diakhirat kelak dapat saling menolong untuk masuk kedalam sebuah kenikmatan yang belum pernah dirasakan, untuk melihat yang belum pernah dilihat sebelumnya, untuk mendengar yang belum pernah di dengar sebelumnya, merasakan bahagia yang belum pernah dirasa kebahagiaan itu sebelumnya yaitu syurganya allah swt. Masyaallah

Semaga kita mempunya sahabat yang istiqomah dalam kebaikan didunia ini lantas dipertemukan kembali diakhirat dan berkumpul di syurganya ALLAH SWT. Amiin

Penghobi menulis yang selalu berharap ridho Allah dalam setiap langkah

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon