Agar Kegiatan Belajar Kamu Lebih efektif! ini dia waktu yang tepat dan baik untuk belajar



Merupakan hikmah Tuhan yang Maha Esa bahwasanya tingkatan semangat seseorang, motivasi, keinginan dan konsentrasi untuk mencari ilmu dan mengamalkannya, berbeda dan bervariasi antara satu waktu dengan waktu lainnya, sepanjanga hari, pekan dan bulan.

Itulah sebabnya di sebagian waktu seseorang merasakan kenikmatan jiwa yang menakjubkan, cepat paham dan kuat dalam menghafal dibandingkan dengan waktu-waktu yang lain.

Kamu sudah banyak menghabiskan waktu untuk belajar, namun kamu merasa apa yang kamu pelajari tidak masuk dan tidak kamu pahami sedikitpun, wal hasil waktu yang kamu gunakan untuk belajar itu tidak bermanfaat.

jangan sampai kamu melakukan hal baik yaitu belajar, tapi tidak membuahkan hasil yang baik unutk diri kamu.

ko bisa begitu? lalu bagai mana cara belajar yang baik agar lebih efektif dan membuahkan hasil untuk diri kamu?

berikut ini adalah waktu-waktu yang tepat untuk belajar, agar apa yang kamu pelajari cepat kamu tangkap dan pahami, yuk simak selengkapnya:

Ibnul Jauzi berkata:


Ibnul Jauzi atau Abu al-Faraj ibn al-Jauzi (508 H-597 H) adalah seorang ahli fikih, sejarawan, ahli tata bahasa, ahli tafsir, pendakwah, dan syaikh yang merupakan tokoh penting dalam berdirinya kota Baghdad dan pedakwah mazhab Sunni Hanbali yang terkemuka di masanya.


“dalam menghafal ada waktu-waktunya, yang paling baik adalah ketika masih kecil, atau yang masih mendekati itu lebih baik dari rentang usia yang lain. Dan yang paling baik adalah ketika waktu sahur dan tengah hari. dan waktu-waktu pagi hingga siang, lebih baik dari siang hingga sore. waktu lapar lebih baik dari waktu kenyang” (Shaidul Khathir, 580).

1. jika masa tuamu ingin kaya dengan ilmu, maka mulailah belajar sedini mungkin.



seperti ada istilah arab yang mengatakan, yang artinya "belajar diwaktu kecil seperti mengukir diatas batu, belajar ketika sudah tua seperti mengukir diatas air"

masa kecil adalah masa dimana kita bebas untuk berpikir, kita belum mempunya beban hidup dan tanggungan yang besar, oleh karena itu belajar diwaktu kecil akan lebih mudah untuk ditangkap karena kefokusan otak masih terjaga.

orang yang sukses dimasa tuanya, mereka adalah orang yang selalu memanfaatkan waktunya ketika masih mudah, maka dari itu perkayalah dirimu dengan segala bidang ilmu, agar kelak masa tuamu lebih bisa produktif.

2. Cara paling tepat dan efektif untuk mengingat sesuatu adalah dengan menyegerakan diri tidur setelah belajar.



Cara paling tepat dan efektif untuk mengingat sesuatu adalah dengan menyegerakan diri tidur setelah belajar.

Mungkin selama ini banyak orang berpikir dengan waktu belajar yang lama maka akan lebih mudah menghafal atau mengingat-ingat apa yang telah dipelajari.

Padahal lamanya waktu belajar ketika menjelang ujian bukanlah jaminan seseorang mendapatkan nilai terbaik.

Sedangkan orang paling mudah mengingat dan menghafal pasangan kata kata saat menjelang tidur dan setelah bangun tidur.

Misalnya pada malam hari dan kondisi tubuh kamu lelah tetapi biasanya kamubiasa tidak bisa langsung tidur. Atau jam istirahat kamusiang biasanya mata kamu tidak bisa langsung terpejam.

Maka memilih belajar pada saat seperti itu juga adalah sebuah momen yang tepat. Dengan membaca misalnya ketika kamu mulai merasakan mata kamu kelelahan maka berhentilah untuk membaca dan segera beristirahat.

Tetapi yakin bahw apa yang kamu pelajari sebelum waktu istirahat sebagian akan terekam di alam bawah sadar kamu. Jadi tidak ada salahnya kalau sebelum istirahat kamu memilih untuk belajar.

3. belajar sebelum waktu subuh akan lebih efektif dan cepat untuk memahami pelajaran.



Setelah beristirahat semalaman maka kondisi fisik kamu sedang dalam keadaan bugar. Bangun di pagi hari sangat cocok untuk mendekatkan diri pada snga kholiq dan meminta untuk diperbmudah segala urusanmu, selain itu waktu subuh juga merupakan waktu yang tepat untuk belajar.

Cara belajar itu misalnya dengan membaca, sebab otak masih dalam keadaan segar sehingga mudah menyerap apa-apa yang dipelajari.

Coba perhatikan, orang yang punya kebiasaan membaca atau belajar dengan model apapun pada pagi hari adalah orang dengan profesi yang syaratnya adalah harus menjadi orang cerdas. Jadi memilih waktu belajar pada pagi hari bisa membantu efektifitas pembelajaran.

4. Janganlah belajar di waktu lapar, haus, sedih, marah, ngantuk atau stress.



keadaan fisik tentunya sangat berpengaruh besar terhadap pikiran kita, ketika kondisi perurt kita lapar maka tidak ada pikiran lain kecuali untuk mencari makanan, oleh karena itu ketika kita lapar sangat tidak cocok untuk belajar, karena titik fokus kita bukan pada pelajaran tetapi kepada perut yang sedang lapar.

ketika sedih tidak ada kegiatan yang ingin kita kerjakan kecuali meratapi kedaan yan sedang kita rasakanm oleh karena itu titik fkus kita akan terpecah dan keadaan ini sangat tidak cocok untuk belajar.

menjaga stabilitas tubuh itu sangat penting, maka dari itu aar tubuh kita tetap stabil maka harus sering menjaganya, dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

baca juga:
5 sebab penghambat produktifitas diri

Oleh karena itu, Imama Ibnu Jama’ah rahimahullah berkata:

“Janganlah belajar di waktu lapar, haus, sedih, marah, ngantuk atau stress. Dan jangan pula belajar dalam kondisi dingin yang sangat menusuk dan terik yang menyengat.”
Maka hendaklah kita memperhatikan semangat diri kita untuk belajar. Dan hindari buang-buang waktu. Hendaklah kita mendahulukan yang lebih utama, dan hendakalah selalu berdoa agar Allah memberkahi umur kita, sehingga penuh kebahagiaan dalam taat kepada-Nya. (RN)

5. waktu luangmu juga sangat cocok jika digunakan untuk belajar.



Dua puluh empat jam yang kamu miliki dalam satu hari itu biasanya kamu akan menemukan waktu luang. Misalnya pada saat lagi antri, daripada bengong dan pikiran kamu kosong maka waktu seperti itu bisa kamu isi dengan membaca. Selalu siapkan bahan bacaan di manapun kamu bepergian. Waktu luang yang spontanitas seperti itu bisa kamu manfaatkan untuk belajar lebih efektif.

setiap kita memiliki cara tersenidiri dan waktu yang mana yang tepat untuk belajar, namun tips diatas merupakan sebuah waktu yang paling efektif jika kamu gunakan untuk belajar.

semoga kegiatan belajar kamu akan lebih menyenangkan setelah kamu membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu,

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

1 comments so far

bener bgt.. belajar sebelum subuh emg trbukti berhasil

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon