penyebab sulit berubah dan kembali ke kebiasaan yang lama

penyebab sulit berubah

Risalah hidup- banyak orang yang rajin dalam mengikuti seminar dan pelatihan tentang motivasi diri, agar hidupnya jauh lebih baik dari yang dia jalanin saat ini, dengan semangat yang menggebu, sejauh apapun dan semahal apapun bayaran untuk mengikuti seminar tersebut dia wajibkan dirinya untuk hadir dan berpartisipasi.

dengan banyak mengikuti seminar, dia beranggapan bahwa dia akan menemukan dirinya lebih baik lagi dari hari yang sebelumnya. memang dia merasa termotivasi dan mendapatkan sugesti hidup yang positif, dia memnemukan pelajaran hidup yang baru yang belum pernah dia temukan dalam kehidupannya sebelumnya.

selang beberapa hari, setelah dia mengikuti kegiatan trainging motivation, ada orang yang melanjutkan semangatnya karena dia mendapatkan sugesti hidup yang bagus yang dia pikir patut untuk dia jalani setiap hari. namun, tidak sedikit orang yang heran pada dirinya sendiri yang mana dia kembali lagi ke kebiasaan lamanya, dia kembali bangun siang, dia kembali bolos sekolah, dia kembali melanggar aturan negara, \ bahkan yang lebih tragis lagi, ada orang yang prustasi menghadapi dirinya yang tidak pernah termotivasi oleh orang lain.

tentunya keadaan yang demikian sangat banyak dialami oleh banyak orang, karena mereka terlalu terpacu pada kata-kata "manusia tempatnya khilaf dan salah", tanpa mereka sadari masih banyak alasan untuk mengerjakan hal selain apa yang selalu dia sesalkan.

setelah sekian banyak obserfasi, ternyata ada beberapa pemicu yang membuat orang sulit untuk merubah dirinya meski mampu berubah, dia tidak mampu bertahan dua atau sampai tiga hari saja, berikut beberapa alasan yang akan coba saya jelaskan:

pertama, goal atau mimpi yang terlalu tinggi

tidak sedikit orang yang bermimpi ingin menjadi orang yang sukses, namun dia lupa bahwa memang dia belum mempersiapkan dirinya untuk menggapainya, ada juga orang yang bermimpi terlalu tinggi jauh dari batas kemampuanya. memiliki mimpi itu harus, agar hidup kita berjalan tersistematis, banyak tujuan yang harus dicapai dan keberanian yang sesuangguhnya adalah "ketika kamu berani menggapai mimpi, ketika orang lain berkata tidak mampu".


contoh kecilnya, seorang wanita yang sedang menjalankan program diet, target dia satu minggu jangan makan nasi, dan hanya boleh makan buah-buahan. seakan dia memaksakan diri untuk hal yang saya kira itu tidak mungkin, meski buah-buahan mengandung nutrisi dan gizi yang baik, namun orang tidak bisa keluar dari makanan pokonya, contohnya nasi.

setelah satu minggu tercapai maka dia akan balas denndam memakan nasi putih sebanyak-banyaknya, menutupi selama satu minggu dia menahan untuk makan nasi, karena dia terlalu memaksakan kehendak yang mana pola pikir dia belum siap untuk itu,  yang akhirnya dia akan kembali malas untuk menjalankan program diet.

namun ketika mimpi itu diluar batas kemampuan kita, bukan kesuksesan yang akan kita gapai yang ada hanya akan menjadi bumerang yang akan balik menghantam kita,  dengan kata lain kita akan gagal untuk meraih mimpi itu. yang akhirnya, pada awalnya kita semangat untuk menggapainya akan berujung tidak baik, karena kita terlalu memaksakan kehendak diri kita, yang akhirnya kita kembali malas dan menjalani hidup dengan kebiasaan yang lama.

Baca Juga:
-5 sebab penghambat produktifitas diri
-30 kata bijak penggugah jiwa

ketika kita terlalu banyak meniru orang lain, contohnya kita meniru orang yang memiliki income yang lebih banyak dari kita dua miliar satu bulan contohnya, ketika kita tidak sampai kesitu yang ada kita akan setress, setelah setress kita akan prustasi setelah prustasi tidak akan ada lagi motivasi untuk menggapai dua miliar satu bualn yang akhirnya semua terbengkalai.

kedua, goal atau mimpi yang terlalu rendah

ketika membuat target lebih rendah dari kemampuan kita, maka mindset kita akan berpikir bahwa ini merupakan pekerjaan yang sepele, pekerjaan yang sangat kecil, yang akhirnya kita mengerjakanya denga meremehkan karena tidak ada motivasi untuk mengerjakan hal tersebut.


contoh, ketika kamu terbiasa push up lima puluh kali dalam sehari lalu kamu disuruh untuk push up lima  kali dalam sehari maka midnset kamu akan berpikir bahwa ini tidak akan membawakan sebuah perubahan pada otot kamu dan tidak ada motifasi untuk mengerjakanya yang akhirnya kamu malas untuk mengerjakanya.

sama halnya dalam diri kamu, ketika kamu memiliki kemampua yang lebih namun hanya dimanfaatkan sebagian saja itu akan menghambat kamu dalan beraktifitas, sehingga motivasi untuk terus bekerja akan sedikit hilang karena pekerjaan kamu tidak sesuai dan dia jauh dibawah kemampuan kamu.

yang harus kita pahami, impian boleh sama dengan orang lain dan mereka boleh lebih dulu dari kamu, yang terpenting adalah kamu bisa menjadi lebih baik dari yang kemarin, itu merupakan prestasi yang harus dipertahankan.

Baca Juga:
-10 tanda bahwa dia suka kamu
-arti sebuah kebahagiaan
konsisten merupakan pokok permasalahan kita, yang menjadi sebab gagalnya kita dalam merubah diri menjadi lebih baik, mengerjakan kebaikan semua orang bisa untuk itu, tapi menjaganya agar tetap berjalan itu yang sulit.

perubahan tentunya harus dimulai dari diri sendiri, karena diri kamu sendiri adalah motivasi terhebat dibandingkan mengikuti training motivation, namun tidak dilandasi niat dari hati untuk berubah. so mulai sekarang tanamkan niat untuk berubah secara perlahan, hidup adalah proses tidak ada suatu hal yang digapai tanpa proses.

sedikit jauh kebih baik dari pada tidak sama sekali, dan hal yang demikian akan membawa kita pada suatu perubahan yang baik, jika kita lakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas.

jika kamu setuju dengan artikel ini, maka jangan ragu lagi untuk share ke teman kamu, agar mereka tahu bahwa hidup itu akan lebih indah dengan berbagi meski suatu hal yang kecil. salam sukses luar biasa.

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon