Penting! berikut ini segala hal yang harus disiapkan sebelum masuk kuliah

persiapan masuk kuliah

Risalah hidupSebelum lulus dan memasuki dunia perkuliahan, ada baiknya kamu melakukan
sejumlah persiapan sejak jauh-jauh hari. karena dunia perguruan tinggi tentunya berbeda dengan dunia SMP dan SMA, tentunya persiapanya pun jauh lebih banyak dan lebih ribet, apa lagi kamu yang mau kuliah ke luar Negeri.

persiapan untuk masuk dunia perkuliahan memang sebuah keadaan yang membuat kita tegang, dan itu pernah saya rasakan, yang mana kita dituntut untuk lebih mandiri dan sigap, jika bukan kita yang melakukanya, lalu siapa lagi? sekarang bukan saatnya lagi untuk memebebani orang tua.

selain mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan ketika masuk kuliah, disini kita belajar untuk membangun rasa tanggung jawab pada diri kita. sekarang saatnya untuk menjadi jiwa yang lebih mandiri dan tegar.
agar kamu tidak bingung, apa saja yang harus kamu persiapkan, perhatikanlah poin-poin penting berikut ini:

Pertama, persiapkan mental kamu.

pesiapan masuk kuliah


hal yang pertama adalah memeprsiapkan mental dan niat kamu, ini merupakan hal terpenting dari segala apa yang harus kamu siapkan, mental yang kuat akan membawa kamu ke kursi perguruan tinggi, tapi jika mental dan niat kamu tidak kuat, jangan harap kamu bisa menduduki kursi yang kamu impikan itu.
mulai sekarang persiapkan dulu mental kamu agar keteguhan hati kamu lebih tinggi dan kamu sendiri lebih siap untuk menghapi segala apa yang aakan terjadi dikemudian hari.

Kedua, penuhi pesyartan pendaftaran, cari info tentang itu

pesiapan masuk kuliah

karena saking sibuknya mempersiapkan barang-barang apa saja yang mau dibawa nanti, ada hal yang paling penting dari itu semua yang harus diprioritaskan. 

ingat, ada banyak persyaratan untuk masuk kuliah yang harus kamu penuhi dan kamu bawa ketika nanti mendaftar, biasanya universitar besar akan meminta calon mahasiswa barunya untuk membawa data pribadinya. seperti KTP, Ijazah, SKCKSKHUN, Foto dan masih banyak lagi tentunya. 

untuk lebih jelasnya kamu harus mencari info lebih lanjut mengenai persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi, biasa setiap universitas memiliki persyaratanya masing-masing, oleh karena itu silahkan hubungi panitia penerimaan pelajar baru di Universitas yang akan kamu impikan, agar nanti setelah sampai disana kamu tidak kebingungan lagi.

pada zaman sekarang, sudah hampir seluruh Universitas menyediakan layanan untuk daftar online, oleh karena itu kamu harus update menacri tahu lebih spesifik, tentang mahasiswa yang kamu impikan. fasilitas online tersebut tidak lain untuk mempermudah kita dalam mendaftarkan diri di kampus impian kita.

terlebih kamu akan kuliah diluar Negeri, tentunya lebih banyak persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum kamu berangkat ke tempat yang kamu tuju.

ketiga, Persiapkan akademik & intelektualmu untuk tes, agar kamu lolos.


selain persyaratan kampus yang harus kamu siapkan, jangan lupa untuk mempersiapkan diri kamu dalam bidang akademik dan intelektual, karena universitas akan mengadakan sebuah tes untuk sleksi, siapa yang pantas diantara kamu untuk menduduki kursi perkuliahan.

yang harus kamu tahu, tes untuk masuk kuliah tidak segampang yang kamu pikirkan, ada banyak ribuan teman kamu yang lebih dulu ikut tes namun mereka gagal. jika kamu tidak ingin bernasib seperti mereka, kamu harus mulai mempersiapkan diri dan banyak membaca.

Baca juga:
kebiasaan sederhana yang membuat kamu sukses lebih awal 
Biasanya ada tiga jenis jalur untuk masuk tes perguruan tinggi, diantaranya:

A. Jalur Undangan / SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur undangan bukan berarti PTN kirim-kirim undangan ke rumah kamu.  Jalur ini adalah jalur memasuki PTN tanpa ujian tertulis. Dengan kata lain, PTN “mengundang” kamu untuk masuk ke universitasnya.

Untuk mendapatkan undangan keramat ini, kamu harus mendaftar ke panitia SNMPTN terlebih dahulu. Lalu kamu akan diseleksi berdasarkan nilai rapor, prestasi akademis serta prestasi sekolahmu.

B. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih.

C. Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah sebuah sistem penyaringan dengan ujian yang di lakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak PTN terkait.
Ujian ini diselenggarakan oleh pihak institusi dalam rangka memberikan alternatif pilihan bagi mereka yang tidak lolos tes SNMPTN maupun SBMPTN untuk tetap dapat melanjutkan studi ke PTN.

keempat, Siapkan tempat tinggal, cari tempat tinggal dengan lingkungan yang baik.


terutama bagi kamu yang pergi merantau, sebelum kamu berangkat ke kampus tujuan kamu, sangatlah penting untuk menyiapkan tempat tinggal, terlepas buat kamu yang tinggal di asrama kampus. 

Baca juga:
sepucuk surat dari Jack Ma "pendiri alibaba.com" untuk anaknya yang sangat menggugah jiwa
ingat kamu disana adalah orang asing, kamu jauh dari orang terdekat, kamu jauh dari orang tua, saudara, bahkan teman lama kamu, oleh karena itu agar kamu tidak menjadi gelandangan disana kamu harus mempersiapkan tempat untuk kamu singgah dan beristirahat.

tanya seniormu dimana tempat tinggal yang cocok untuk mahasisawa dengan ranah yang baik dan lingkungan yang mendukung untuk kamu berproduksi.


Kelima, membina hubungan dan segera beradaptasi, agar kamu mudah besosialisasi dan mendapatkan teman baru.



seperti yang saya katakan diatas, disana kamu adalah orang asing, pendatang baru dan tidak memiliki siapa-siapa, oleh karena itu kamu harus segera beradaptasi dan mencari teman baru, kalo perlu gebetan baru, eh yang ini jangan, hehe.

Baca juga:
30 kata-kata bijak penggugah jiwa
agar hidup kamu tidak menjadi asing lagi, kamu harus sesegera mungkin mencari kenalan, tempat kamu sharing dan bertanya tentang apa yang kamu belum mengerti seputar kampus atau pelajaran.

yakinlah, jika disana kamu hidup tanpa teman, kamu akan merasa kesepian dan kamu seakan hanya orang asing yang tak diundang kehadiranya. tentunya dan sudah pasti hal demikian tidak ingin terjadi kepada diri kamu.

keenam, mulailah berorganisasi, dengan ini kamu akan lebih mudah untuk mencari teman baru.


mahasiwa/i biasanya dikenal dengan organisasinya, jika kehadiranmu ingin dianggap oleh teman sekampusmu, ikutlah organisasi yang ada dikampus kamu, sudah pasti setiap kampus ada organisasi yang dimeneg oleh mhasiswanya.

jangan lewatkan kesempatan untuk berorganisasi, selain untuk menambah wawasan kamu, kamu juga akan mendapatkan banyak teman baru, dan jika kamu aktif dalam organisasi itu sudah hal yang pasti jiika kamu dikenal oleh orang sekelasmu bahka orang sekampus.



sekiranya itu beberpa hal yang sangat penting yang harus kamu persiapkan, sebelum kamu masuk perguruan tinggi dan setelah masuk nanti. jika sekarang kamu sedang dalam persiapan untuk masuk suatu Universitas ldalam atau luar negeri, good luck untuk kamu. semoga sukses untuk menuju universitas yang kamu idamankan.

jika kamu setuju dengan artikel ini, maka jangan ragu lagi untuk share ke teman kamu, agar mereka tahu bahwa hidup itu akan lebih indah dengan berbagi meski suatu hal yang kecil. salam sukses luar biasa.

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

9 comments

wah saya udah lulus kuliah gan
tapi menurut saya yang paling penting selama kuliah adalah rajin-rajinlah bersosialisasi dengan orang lain
jangan sampai hilang dari peredaran

Sangat betul gan, karena dengan sosialisasi kita bisa banyak mengetahui

Yg paling penting yg harus disiapin duit gan, wkwk

Setuju banget sama penjelasannya gan,
sangat bagus buat teman-teman blogger yang akan kuliah
nice share
:)

untuk sebagian orang ada yang begitu gan, dan itu merupakan tindakan yang salah, kalo kuliah hanya untuk gengsi lebih baik kuli aja gan hehe

Memang mas perlu persiapan yang matang, terutama menjaga kehadiran di kampus dan menunaikan tugas demi tugasnya biar lulus dengan nilai yang memuaskan.

Alhamdulillah dari 2012, saya udah jadi sarjana pendidikan.

Umumnya karena sering hadir dan tugas selalu mengerjakan alhasil banyak nilai A mata kuliahnya.

Makasih mas ulasannya sangat menginspirasi bagi calon mahasiwa-mahasiswi baru.

yang terpenting niat kita kuliah itu untuk apa mas, jika niat kita semta untuk memperkaya diri dengan ilmu dan karenaNya yg pasti, tentu kegiatan belajar semasa kuliah akan lebih produktif dan akan terus berusaha sebisa mungkin

Wah mantap nih gan qil, yg masalah saat ini baru tahap 3 X'D
Gue insyaallah tahun ini masuk kuliah di univ yng diinginkan. do'akan ya gan semoga sukses bisa masuk gue :D #amiinn.

Insyaallah saya do'akan, semoga bisa masuk ke kampus yg agan impikan dan idamkan

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon