cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif


cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif

Suatu hari ketika seorang anak ditanyai oleh Gurunya mengenai kelanjutan masa depannya setelah lulus SMA.

Guru: "Nak, kamu nanti kalau lulus SMA mau kuliah dimana ?"

Anak: ".Gimana nanti aja, pak. 

Guru: "loh! kenapa begitu?"

Anak: "Soalnya saya masih bingung jurusan apa yang mau saya ambil, pak"

Guru: "Lho, kok masih bingung, nak?, kamu harus udah punya planing untuk masa depan kamu, bentar lagi kamu udah mau lulus, looh."

Anak: "Saya belum begitu mengerti skill apa yang saya punya, pak"

Guru: "kalo kamu masih bingung jurusan apa yang cocok untuk kamu, baca deh tips di bawah ini."
                            "cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif"
"dengan membaca tulisan itu, bapak jamin kamu akan menemukan jurusan yang cocok buat kamu dalami nanti."

Anak:" wah, boleh tuh, pak." ya sudah saya baca dulu ya, pak."

Guru:"goodluck, nak"


kamu mau kuliah? tapi masih bingung prodi apa yang akan kamu dalami? atau mungkin kamu belum sama sekali kepikiran prodi apa yang akan kamu geluti, padahal sekarang kamu udah berada di ujung statusmu, sebagai pelajar Mekolah Menengah ke Atas (SMA).

memang saya alami, memilih prodi yang sesuai dengan potensi kita itu sangatlah sulit, oleh karena itu tidak sedikit teman-teman kita yang merasa tidak cocok dengan jurusanya yang sedang dia jalani, tentunya hal ini akan membuat kamu tidak nyaman ketika belajar.
hanya info untuk kamu
Prodi adalah singkatan dari program studi yang berarti tempat untuk kamu yang meneruskan kuliah di bangku Perguruan Tinggi sesuai minat dan bakat kamu.
tapi jangan hawatir, saya akan memberikan tipsnya untuk kamu, dan ini merupakan pengalaman saya dulu, ketika menentukan jurusan yang akan saya dalami.

Buat kamu yang punya niat untuk melanjutkan program pendidikannya ke jenjang lebih tinggi atau perguruan tinggi, kali ini saya akan memberikan tips yang jitu untuk kamu, agar tidak bingung lagi dalam membuat keputusan untuk menentukan prodi yang sesuai dengan potensi dan skill yang kamu miliki.

simak tips dibawah ini yang akan membantu kamu untuk memilih prodi yang tepat:

Pertama, kenali potensi diri kamu, kemampuan apa yang kamu punya.

cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif

Tidak semua orang mampu mengetahui potensi apa sebenarnya yang dia miliki, padahal kita semua lahir dengan potensi yang luar biasa. tapi tidak semua dari kita bersedia menggali potensi tadi dengan sungguh-sungguh.

Lalu bagaimana saya mengenali potensi diri saya sendiri? caranya sangat gampang, coba deh beberapa tip dibawah ini:

1. Kenalilah aktivitas apa yang paling kamu cintai. Maka disanalah terdapat potensi luar biasa kita. Aktivitas yang selalu ingin kita lakukan baik dalam keadaan lapang ataupun sempit.

2. Tanyakan pada orang lain tentang potensi yang kamu miliki.“Gajah di pelupuk mata tidak kelihatan, kuman di seberang lautan kelihatan”. Ungkapan yang sama juga berlaku dalam melihat bakat tersembunyi. Dibandingkan diri sendiri, orang lain seringkali jauh lebih tahu dibandingkan kamu. Besar kemungkinannya orang lain sudah pernah (bahkan berkali-kali) mengatakan bahwa kamu sangat menguasai bidang tertentu. Hanya saja selama ini mungkin kamu mengabaikannya tidak menganggap serius. Sekarang saatnya mulai mendengarkan.
Baca juga:
➤ 30 Kata bijak penggugah jiwa
3.Temukan sesuatu yang paling kamu nikmati. Bakat tersembunyi sering kali menunjukan dirinya sendiri ke permukaan. Adakah majalah untuk topik [atau komunitas penghobi] tertentu yang tidak bisa kamu lewatkan? Atau suatu aktifitas yang sangat ingin kamu lakukan tetapi selama ini tidak, karena keterbatasan tertentu (waktu/biaya/alat). Besar kemungkinan aktifitas tersebut adalah bakat tersembunyi kamu. Tidak ada jaminan pasti bahwa setiap yang kamu sukai merupakan bakat tersembunyi kamu, tetapi kerap ada diantaranya.

mungkin dengan tips diatas kamu bisa menemukan salah satu potensi yang paling menonjol pada diri kamu, sekarang saatnya untuk menggalinya, jika kamu memiliki cara tersendiri, itu lebih baik dan lebih efektif.

kedua, jangan mendengarkan opini teman. Kata teman saya jurusan ini lebih bagus masa depanya.


cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif

Pendapat orang lain memang sangat perlu, apa lagi orang-orang terdekat. seperti orang tua, kaka dan teman, tapi tidak semua yang mereka katakan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

banyak teman kamu yang ngomong bahwa jurusan A bisa membuat kamu kaya mendadak nanti, ada lagi yang ngomong, "eh, jurusan B potensi untuk mendapatkan kerjanya lebih bagus looh, jurusan C prospeknya lebih baik dari pada jurusan yang lain".

heey,,, tidak semua yang mereka bicarakan itu mampu kamu kerjakan, dan tidak semua bidang orang lain, sesuai dengan apa yang kamu minati, meski beberapa persen, kamu punya bakat sama seperti mereka, tapi tidak semua dari kalian.
baca juga:
➤ kebiasaan sederhana yang membuat kamu sukses lebih awal 
jangan hanya menjadi ekor singa, meski singa itu menyeramkan tapi kamu hanya ekornya yang mengikuti dia dari belakang. cobalah untuk tegas dalam menentukan keputusan, karena ini menyangkut masa depan kamu, kalo kamu hanya mengikuti orang lalu kapan kamu akan menjadi seorang yang mandiri?, jangan takut dengan keuputusan diri sendiri.

Ketiga, passion dan bakat adalah hal yang terpenting.

cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif

meski orang tua kamu ingin kamu kamu masuk jurusan terntentu dengan alasan masa depanya lebih baik. Saran orang tua memang harus kamu dengarkan, karena “Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua”, tapi tidak selalu harus kamu turuti.

pada akhirnya yang akan menjalani masa depan kamu adalah kamu sendiri, oleh karena itu kamu harus menjalani segala sesuatu sesuai dengan passion kamu, agar nanti tidak ada istilah masa depan suram.

berdiskusilah dengan dengan orang terdekat kamu, denan orang yang sudah berpengalaman di dunia perkulihan, jangan malu bertanya jika kamu tidak ingin masa depan kamu terancam.

dengarkanlah pendapat mereka dengan baik, jangan sampai kamu membabi buta tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.

keempat, yakini setiap prodi menjanjikan kesuksesan, tidak ada istilah prodi yang suram.
cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan efektif

Pada intinya, setiap jurusan di setiap universitas memiliki potensi untuk membuat sukses semua pelajarnya, namun itu tergantung kepada pelajarnya sendiri, apakah mereka ingin berjuang untuk menggapai kesuksesanya dengan jalur prodi yang dia dalami.

semua bergantung pada tekadmu, jika kamu hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang- kuliah pulang), maka tak ada orang yang akan menjamin kesuksesanmu nanti.

ada banyak hal yang harus kamu lakukan kekita kuliah nanti, tidak hanya masuk kuliah kemudian kamu akan langsung sukses dalam bidangmu.
coba deh baca artikel yang sebelumnya saya share tentang segala hal yang harus kamu lakukan sebelum dan saat kuliah, disana kamu akan tahu apa saja yang harus kamu lakukan ketika kuliah nanti, agar masa kuliah kamu produktif.

baca Juga: segala hal yang harus kamu lakukan sebelum dan saat kuliah

kelima, gelar bukan segalanya, tapi kompetensi yang terpenting.

www.risalahhidup.net

Tanpa gelar,  banyak orang yang sukses, contohnya Adam Malik, Abdullah Gymnastiar, Andrie Wongso, Buya Hamka dan masih banyak lagi. lalu mengapa nama mereka kita kenal? kompetensi yang mereka miliki lalu mereka meyakinkakn kompetensi yang mereka milki.

Kompeten dalalm artian, kamu memiliki motif-motif (motives), sesuatu yang secara konsisten dipikirkan dan diinginkan, karakteristik fisik dan respon-respon yang konsisten terhadap situasi atau informasi, nilai-nilai atau gambaran tentang diri sendiri, informasi, kecakapan untuk menampilkan tugas fisik atau tugas mental tertentu.

karena tanpa kompetensi diri, gelar apapun yang kamu miliki akan dipandang sebelah mata oleh orang lain, mulai sekarang hilangkan asumsi kamu bahwa kamu akan sukses hanya dengan gelar, itu merupakan asumsi yang sangat salah.

jangan sampai kamu kuliah hanya untuk mendapatkan gelar, tidak sedikit orang memiliki gelar yang tinggi masih menjadi pengangguran, karena keterbatasan kompetensi yang mereka miliki.

ketujuh, komitmen terhadap pilihan, jangan sampai mogok di tengah jalan.


www.risalahhidup.net

apapun yang kamu putuskan, itu menjadi tanggung jawab dan menjadi pilihan terbaik untuk kamu, maka jangan sampai kamu kecewa dengan apa yang kamu putuskan, untuk menghindari kekecewaan maka kamu harus berhati-hati dalam menentukan pilihan.

jangan sampai nanti kamu mogok di tengah-tengah masa kamu kuliah, dikarenakan kamu salah dalam menentukan pilihan kamu, hal ini akan membuat hidup kamu kacau.
Baca juga:
➤ 13 sikap pria yang disukai wanita
jalani dengan senang hati dan ikhlas, insyaallah apapun pilihan kamu akan berujung baik dan bermanfaat untuk kehidupan kamu kelak. Ingat, segala sesuatu yang dijalani dengan hati, akan melahirkan hasil yang baik.

Disiplinlah dengan komitmenmu, agar dapat membantu kamu dalam membentuk jiwa yang besar, membawa kamu ke arah yang lebih baik.


kedelapan, perbanyak do'a, agar prosesmu lancar sampai akhir.

www.risalahhidup.net

segala sesuatu tanpa usaha itu dusta, segala sesuatu tanpa do'a itu sia-sia. jika kamu tengok kembali deskripsi Blog Risalah hidup maka kamu akan menemukan kata "Usaha dan doa adalah senjata kita", saya buat seperti itu karena saya meyakini bahwa usaha dan do'a adalah senjata yang ampuh untuk meraih segala apa yang kita impikan.

harus menjadi afirmasi untuk diri kita, bahwa kerja keras itu tidak pernah berdusta, itu yang harus kita tanamkan, dan jangan lupa untuk meminta do'a dan restu dari guru-guru kamu terutama orang tua kamu, karena mereka adalah orang yang selalu mendorong kamu untuk menjadi orang yang lebih baik

apapun yang terjadi nanti, tetaplah jalani tanpa harus kemu keluhkan dan sesali, hidup adalah proses maka ikutilah proses hidupmu agar kamu mengerti arti sebuah perjuangan.


demikian delapan cara ampuh untuk menentukan prdoi kamu, bagaiamana, sekaragn sudah ada gambaran, prodi apa yang cocok untuk kamu dalami? saya yakin setiap kamu akan sukses pada waktunya, kamu perlu sabar dan terus berusaha.


jika kamu setuju dengan artikel ini, maka jangan ragu lagi untuk share ke teman kamu, agar mereka tahu bahwa hidup itu akan lebih indah dengan berbagi meski suatu hal yang kecil. salam sukses luar biasa.




Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

4 comments

Giliran udah punya pilihan tujuan yang Mateng tapi malah belum diterima kuliah :(. Coba lagi lain waktu. Mungkin belum waktunya.

Thx gan atas tipsnya mumpung dikit lagi oe mau milih jurusan :3

kalo ane menggok ditengah jalan gan wkwkw.. good tuh tips triknya.. trus prcaya diri dan jgn menoleh hrhe

saya setuju sama jangan percaya omongan teman, karena memang kita sendiri yang akan menjalaninya. Mas, apa ada referensi jurusan yang cocok buat saya? sekarang saya SMK jurusan TKJ

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon