Cara Hidup Sehat Menurut Ajaran Agama Islam

hidup sehat

Apa sih yang tidak diajarkan dalam islma, segala bidang yang kita geluti di dunia ini, islam selalu menjadi rujukan nomor 1 untuk menata tatanan hidup agar tetap tampil elegan, fit dan ideal.

siapa sih yang tidak ingin tubuhnya tetap sehat, jauh dari penyakit, tetap bugar meski usia sudah rentan?, terlebih untuk kaum wanita, biasanya diet menjadi agenda yang penting dan tidak terlewatkan dalam kehidupan mereka, seorang profesor terkenal (Profesor Hans Heinrich Reckeweg, M. D., pakar toksikologi, Biological Therapy Vol. 1 No. 2, 1983). dia berkata:

“Kita penduduk Barat yg tidak mengamati serta tak mencontoh adab makan yang di ajarkan Islam, pada akhirnya menanggung derita banyak penyakit. Mereka yang mematuhi rutinitas makan menurut Islam bakal sehat, serta mereka yang mengikuti cara makan Barat yang jelek bakal sakit. Rutinitas sehat dalam adab makan Islam semestinya ditiru oleh penduduk Barat”

seorang non muslim pun mereka selalu merujuk pada ilmu yang dibawa oleh islam, karena memang ajaran agama islam adalah ajaran yang sangat realistis dan sudah teruji atas kakuratanya.

dengan sunnah yang diajarkan Rasulullah, kesempurnaan ajaran agama islam semakin baik dan semakin sempurna, segala apa yang dilakukan oleh Rasulallah adalah sebagai contoh bahwa ajaran islam itu bukan hanya tentang agama dan akhirat, tapi islam juga mengajarkan umatnya bagaimana cara untuk hidup di dunia berserta tata cara hidup yang sehat, berikut adalah beberaoa tips untuk menjaga kesehatan tubuh, agar tubuh tetap sehat dan bugar, termasuk cara untuk diet yang alami:


Rasul mengajarkan kita tentang puasa sunnah, lalu apa manfaat dari puasa sunnah secara medis?



lalu apa manfaat puasa sunnah untuk kesehatan? berikut beberapa manfaat dari puasa sunnah

1.Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Bukannya lemas sehingga menjadi gampang sakit, ternyata puasa justru meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang bahkan sudah umum, yaitu mengenai: Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik.

2. Membentuk Pola Pikir yang Lebih Tajam & Kreatif

Puasa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga melambat, uniknya menurut penelitian ternyata pikiran yang melambat ini membuatnya justru bekerja lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

Hal ini juga dibuktikan dengan suatu kasus pada sekelompok mahasiswa di University of Chicago yang diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai “REMARKABLE.”
3. Solusi diet yang Sehat

Manfaat puasa sunnah maupun wajib selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai aturan makan (diet) sehat. Puasa juga memiliki peranan dalam mengontrol berat badan dan menurunkan berat badan berlebih. Dengan berpuasa, tubuh akan membakar lemak sebagai pengganti makanan. Namun, puasa tidak bisa dijadikan sebagai strategi untuk menurunkan berat badan yang baik. Menjaga berat badan yang seimbang adalah langkah awal yang baik untuk bisa hidup yang sehat berkualitas.

dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari puasa sunnah ini.

Rasul mengajarkan kita agar tidak makan dan minum sambil berdiri




Nabi Muhammad Saw. Bersabda:
"Janganlah sekali-sekali salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, barangsiapa lupa hendaklah dia memuntahkannya"(HR. Muslim)

Lalu apa manfaat minum sambil duduk untuk kesehatan?

1. Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer

Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Nah. Jika kita minum berdiri. Air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya.

2. memperlancar Pencernaan

Ketika kita makan atau minum sambil berdiri, makanan yang masuk melalui tenggorokan akan langsung jatuh ke dasar usus secara keras. Dan apabila ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan melarnya usus dan rusaknya fungsi pencernaan dalam hal ini lambung. Sementara jika kita makan dan minum sambil duduk maka makanan yang masuk melalui tenggorokan akan secara perlahan dan lembut turun ke dalam usus sehingga lebih menyehatkan.

3. Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung
Menurut Dr. Ana Budi Rahayu SpS, makan atau minum sambil berdiri dapat mengakibatkan terjadi nya Reflux Asam Lambung, yaitu asam lambung akan naik ke Esofagus dan menyebabkan sel pada kerongkongan teriritasi. Untuk mengatasi nya kita harus melakukan makan dan minum sambil duduk.

Rasul mengjarkan kita agar tidak makan menggunakan tangan kiri.




Otak manusia terbagi menjadi dua hemisfer kiri dan kanan, bagian kiri tubuh dikontrol oleh bagian kanan otak dan sebaliknya. Kajian ilmiah mengenai aktivitas otak menunjukkan, secara umum lebih banyak aktivitas di bagian kiri otak ketika seseorang sedang berada dalam kondisi yang positif misalnya ramah, riang gembira dan sebagainya. Sifat-sifat negatif seperti menyendiri lebih aktif diotak sebelah kanan.

Mengapa saat kita dilanda masalah, meluahkan perasaan atau berbicara baik kepada diri sendiri atau kepada manusia lain sedikit dapat mengurangi tekanan di dalam diri kita? Ini mungkin disebabkan otak kiri terlibat lebih aktif dalam bahasa pertuturan, aktivitas berkomunikasi dengan tidak secara langsung membuat bagian kiri otak aktif lantas menimbulkan perasaan positif dan mengurangi tekanan perasaan.


Jadi jika kita hubungkan dengan aktivitas makan menggunakan tangan kanan yang mana akan mengaktifkan bagian kiri otak, bukankah ia akan menimbulkan perasaan positif? Lebih positif saat kita makan, lebih mudah makanan dicerna dan makin enak badanlah tubuh.


Makan dengan tangan kiri mengaktifkan otak kanan yg dikaitkan dengan sifat-sifat negatif, sebab itulah makan dengan tangan kiri meniru setan karena sifat setan itu sendiri yang penuh dengan dengki dan sombong. Lebih bahaya lagi apabila perbuatan makan dengan tangan kiri itu juga akan membuat manusia lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli lagi pada orang lain terutama dalam hal makan tersebut.

semoga dengan cara diatas yang alami dan tidak membutuhkan biaya, kita bisa membentuk tubuh yang ideal dan sehat luar dan dalam , dengan tujuan untuk mendapatkan ridahao Allah SWT, amiin

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon