Agar Tidak Salah Pilih Teman Saat Kuliah, Perhatikan Tips Berikut ini



Voovilo- Mencari teman saat kuliah memang tidak semudah dulu sewaktu SD, SMP, SMA, bukan karena tidak ada teman yang mau dekat dengan kita, dan mahasiswanya pun tergolong banyak, namun terkadang masih ada yang bingung untuk mencari teman yang baik saat kuliah.

apa lagi, kalo kamu anaknya susah untuk bergaul, ditambah lagi kamu tidak suka dengan keramaian, secara kan di kampus bermacam-macam bentuk manusia tersedia, dari yang berukuran A sampai Z, dikira baju kali eaaa?...

ketika kamu sampai di kampus, yang sudah pasti kamu rasakan adalah canggung, merasas asing kayanya kamu ngerasa tinggal di padang pasir yang gersang tak ada orang, haduh makin ngaur ni.

Nah, untuk menghindari hal yang demikian, tentunya kamu harus mencari seseorang atau beberapa orang untuk kamu jadiakan sebagai teman, yang akan nemenin kamu sampai wisuda nanti. yups,,, karena temen yang bener-bener temen itu dia yang akan selalu hadir disamping kamu sampai akhir perjuangan kamu.

berikut ini ada beberapa tips yang akan saya berikan untuk kamu, yaitu bagaimana cara mencari teman yang baik dan benar saat awal kuliah, yuk simak tipsnya berikut ini:


1. Ketika kamu mencari teman saat awal kuliah, coba lihat dari gaya hidupnya.


penampilan merupakan sebuah titik awal dimana semua mata akan tertuju padanya, karena penampilan akan menunjukan kepribadian seseorang, meski dugaan itu tidak selalu 100% sesuai dengan apa yang kita asumsikan.


Penampilan luar orang belum tentu menggambarkan pribadinya, bahkan seringkali kita terkecoh kalau hanya melihat penampilan seseorang. Bukankah kita sering melihat orang yang tampaknya sopan dan halus, ternyata tabiatnya suka menghasut.

Namun setidaknya dengan penampilan, kita bisa sedikit banyak menerkan bagaimana cara hidup seseorang, jika dari gaya hidupnya pun sudah compang-camping, lalu bagaimana dengan keseharianuya, hal ini yang harus kamu perhatikan, agar kamu nanti tidak terjerumus dalam sebuah pergaulan yang tidak baik.

Kamu bukanlah hasil dari sifat alami dirimu sendiri. Hal itu adalah penampilan genetis atau cara pengasuhanmu, hal-hal yang sudah terjadi padamu. Tentu, semua hal tersebut benar-benar mempengaruhi dirimu, tapi hal tersebut tidak menentukan siapa kamu.

2. Kemudian kamu dekati dia dan ajak untuk berbicara.


Untuk menghilangkan asumsi negatif kita tentang dia, kita harus membuktikannya dengan cara mengajak dia ngobrol bareng, entah dikafe, di kantin atau disebuah tempat yang menurut kamu cocok untuk mengobrol.

coba lihat dari gaya dia berbicara, disini kamu akan lebih jauh mengenal karakter dia, karena sebuah kata yang keluar dari mulut seeoarang menunjukan kebersihan hatinya. sebuah kata yang baik tidak mungkin keluar dari hati yang kotor, maka dari itu cermati gaya bahasa saat dia berbicara.

agar kamu tidak salah saat memilih teman saat awal kuliah, maka cara ini akan membantu kamu cara mengenal mereka dengan baik,

3. coba ajak makan orang yang kamu anggap bisa jadi temen baik.



sebuah teori yang unik bahwa mengundang orang untuk makan selain perbuatan yang baik, juga bisa menjadi media untuk mencari kenalan, karena notabenenya semua orang suka makan dan saat makan adalah waktu yang tepat untuk saling mengenal antara satu sama lain.

coba kamu lihat bagaimana cara dia makan, disana kamu akan mengetahui karakter dia jauh lebih dalam dan lebih dekat dengan keseharianya.

Orang yang makan dengan rapi atau teratur adalah orang yang terorganisir yaitu orang yang tidak suka dengan hal berantakan. Selain itu, orang ini adalah orang yang tertata dan menghindari situasi yang akan membuatnya repot. Pribadi yang makan dengan rapi pandai mengatur keungan dan barang yang ada di sekitarnya dijamin bersih

4. cari teman yang memiliki pengetahuan yang lebih dari kamu.


jika kamu bergaul dengan tukang minyak wangi maka kamu akan tertular wanginya, dan jika kamu berteman dengan orang yang merokok kamu juga akan tercium baunya, sebuah pribahsa yang bisa kita artikan bahwa berhati-hatilah saat kita mencari seseorang untuk kita kenal, karena apapun yang menjadi sifatnya beriringan denga waktu akan tertular kepada diri kita.

jika kamu berteman denga orang yang bodoh, hidup kamu tidak berkembang dan yang ada kamu akan selalu dimanfaatkannya, maka carilah teman yang pengetahuannya lebih dari kamu, agar kamu bisa belajar dari dia hal yang belum kamu ketahui selama ini.

Dalam sebuah hadis, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

5. cari teman yang paling terkenal di kelasmu.


membangun karir bisa saja kita berkaca dari kesuksesan orang lain, meski cara dan jalanya tentu berbeda, namun sebuah kebisaannya yang baik tentu harus kita tiru.

jika kamu ingin membuat karir dan citra yang baik dikampus kamu, maka carilah teman yang populer atau terkenal di kampus kamu, kenapa demikian? secara jika dia terkenal kamu pun akan mudah untuk mendapatkan link yang lain, karena dia memeiliki jaringan yang luas.

disana kamu bisa mulai untuk membangun karir kamu, coba tips yang satu ini, maka kamu akan merasakan sensasinya.

6. Cari teman yang mau diajak bekerjasama.




















Pilihlah teman-teman yang dapat diajak untuk bekerjasama. Memiliki rekan-rekan yang mempunyai semangat serta minat yang sama, serta dapat diajak untuk bekerjasama, adalah sebuah keberuntungan. Masalah-masalah yang kmu miliki, akan terasa mudah untuk diselesaikan, jika kamu memiliki rekan-rekan demikian.



demikianlah tips untuk mencari teman saat awal kuliah, semoga tips tersebut bisa menjdaikan referensi bagi kamu untuk mencari teman yang bisa merubah kamu ke jalan yang lebih baik, dan semoga karir kamu akan semakin meningkat dan berprestasi.

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon