Jangan Lewatkan 25 hal ini Sebelum Umur Kamu 25 Tahun

voovilo

Voovilo.comMasa muda adalah masa penentu hidup kamu dimasa tua nanti, suatu kepastian yang tidak bisa dihindari oleh semua orang adalah akan tibanya masa tua, masa tua adalah masa dimana  mulai terjadi banyak perubahan pada tubuh. 


kenapa saya bilang  Jangan Lewatkan 25 hal ini Sebelum Umur Kamu 25 Tahun?, alasanya pada umumnya seorang pemuda akan mulai berpikir serius pada umur 25 tahun, pada umur 25 tahun kamu akan semakin serius dalam menjalani hidup, mulai mencari pasangan hidup, meulai berkeluarga, memiliki anak dan tanggungan lainnya.


sebelum kamu memasuki masa-masa itu ada banyak hal yang harus kamu lakukan dan jangan sampai kamu lewatkan, setidaknya 25 hal ini pernah kamu lakukan sebelum kamu menginjak usia 25 tahun.


lalu apa 25 hal tersebut? dibawah ini saya coba untuk tuliskan sedetail mungkin untuk kamu:


1. mulailah untuk merubah mindset/pola pikir


usiamu kini semakin dewasa, beriring dengan dewasanya usiamu pola pikir kamu pun harus beriringan dengan umurmu, sehingga tidak akan ada istilah "masa kecil kurang bahagia", bangunlah sebuah mindset yang positif agar hidup kamu menjadi lebih baik dan bermanfaat, karena pola pikir yang baik terdapat pada jiwa yang baik.


selagi kamu masih belum punya tanggungan yang banyak dan yang pasti pikiran kamu belum begitu sesak, sehingga peluang kamu untuk merubah mindset menjadi lebih baik masih luas.


rubahlah pola pikir kamu dari sekarang sehingga kamu akan tebiasa untuk berpikir positif dimasa tuamu nanti.


2. Tentukan mimpimu dan fokuslah untuk mengejarnya


mulailah untuk menata hidup kamu dari sekarang, sebelum kamu menginjak umur 25 tahun, tentukan passionmu, tentukan karis yang akan kamu perdalam nanti, kenali dirimu dimana posisi yang tepat untuk kamu geluti.



Baca juga: 
cara mengambil jurusan kuliah yang tepat dan efektif

fokuslah untu meraihnya, jangan sampai perjalanan kamu menuju masa tua terganggu oleh hal-hal yang tidak penting, jauhkan diri kamu dari kegiatan yang akan menghambat pertumbuhan kamu menjadi peribadi yang baik dan menjdai seorang yang dewasa.

kamu harus mulai membangun prinsip yang akan menjadi rules hidup kamu agar tidak tersesat untuk menuju masa depan yang lebih baik.


3. tentukan dari sekarang sumber penghasilan kamu


Jika saat ini penghasilanmu hanya berasal dari gaji, kamu harus mulai mencari penghasilan tambahan dari sumber lain. Penulis Thomas C. Corley yang telah lima tahun mempelajari orang kaya mengungkapkan bahwa para jutawan punya banyak sumber penghasilan.

Baca juga:
Buang 4 kebiasaan ini jika kamu igin sukses

Hasil penelitiannya bahkan secara rinci menyebut Sebanyak 65% jutawan punya tiga sumber penghasilan sementara 45% punya empat sumber dan 29% punya lima atau Iebih sumber penghasilan. Sumber penghasilan tersebut meliputi penyewaan real estate, investasi saham, dan mitra bisnis.

mulailah untuk membangun bisnis, meski kecil jika kamu jalani secara berkesinambungan maka kan berkembang menjadi bisnis yang luar biasa.

4. perkaya dirimu dengan berbagai ilmu pengetahuan, wawasan yang luas.

sebelum kegiatan kamu bertambah banyak mumpung masih longgar, perkayalah dirimu dengan berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal kamu kelak sudah beranjak lebih dewasa.

ingat ilmu itu mudah dibawa kemana pun kamu pergi, jadi kamu gak bakal keberatan untuk bawanya, selain untuk memperkaya dirimu ilmu pengetahuan juga akan menjagamu dari segala hal yang tidak kamu inginkan.

ilmu berbeda dengan harta, harta kamu yang menjaga sedangkan ilmu dia yang akan menja kamu, oelh karena itu hiasilah hidupmu dengan ilmu yang bermnafaat agar kamu bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik-baiknya orang adalah orang yang baik akhlaknya dan bermanfaat bagi orang alin.

5. jauhkan dirimu dari hasrat untuk pamer

pamer,  selain tidak disukai banyak orang juga sangat merugikan dirimu sendiri. Merasa lebih percaya diri saat pakai barang bermerek, sibuk foto-foto makanan untuk dipajang di Instagram, dan rajin update lokasi Path jika sedang ngopi-ngopi cantik di kafe mahal.

Kegiatan tersebut bisa tergolong sebagai pamer. Isitlah pamer identik dengan orang yang suka menyombongkan diri saat punya atau mengalami sesuatu yang keren. Sebenarnya, tidak ada orang yang senang dibilang pamer. Tapi keberadaan media sosial saat ini mendorong banyak orang menjadi tukang pamer.


orang yang suka pamer hidupnya tidak akan pernah bahagia meski dia memiliki segala sesuatu, karena dia akan selalu memaksakan diri untuk selalu terlihat modis didepan setiap orang padahal dia tak mampu untuk melakuakn itu, Selalu beli barang baru setiap minggu padahal nggak punya uang, dia kan tersiksa dengan kegiatannya sendiri.

6. Bergaulah dengan orang yang kamu kagumi.

selain untuk memotivasi kamu, bergaul dengan orang yang kamu kagumi juga akan membentuk keadaan yang baik untuk kamu, jika ada istilah "orang yang bergaul dengan tukang minyak wangi dia akan tertular wanginya" artinya jika kita bergaul dengan orang yang kita kagumi tidak menutup kemungkinan kita akan tertular kebiasaan positifnya.


banyaklah bertanya pada dia bagaimana dia bisa meraih kesuksesan dalam hidupnya, karena pengalaman orang lain bisa dijadikan cermin untuk kita berjalan menuju cita-cita yang kita inginkan.


7. cobalah untuk mengerti lebih, tentang uang.


jika dulu kamu diberi uang jajan oleh kedua orang tuamu, sekarang saatnya kamu untuk mengerti lebih tentang uang.


bagaimana cara menggunakan uang untuk kebaikan, aturlah cara kamu menggunakan uang jangan sampai sesuatu yang gak kamu butuhkakn kamu masih memaksakan untuk membelinya.


iritlah dalam menggunakan uang, prioritaskan kebutuhan pokokmu, batasi keinginanmu untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan.


irit bukan berarti pelit, jika kamu selalu mengikuti nafsumu untuk membeli segala apa yang kamu inginkan, lalu bagaimana nanti kamu bisa memenej keungan.

mulailah belajar untuk menabung untuk kehidupanmu kelak dimasa yang akan datang, itu sangat baik dan bermanfaat untuk kamui, jika kita kaji ulang istilah yang kita temukan sejak dari SD bahwa, "hemat pangkal kaya" jika kita mengerti betul istilah itu maka kita gak akan lagi untuk menyia-nyiakan uang untuk kegiatan yang tidak penting.


8. jangan hanya berkhayal, cobalah untuk membuktikanya.


tidak ada kesuksesan yang instan, semua membutuhkan proses, semua membutuhkan tekad dan usaha. jika  kamu hanya membayangkan impian kamu, sampai kapan pun kamu tidak akan menggapainya.


ada sebuah pepatah "jika memiliki tekad yang kuat, maka akan selalu ada jalan", setiap apa yang kamu impikan akan tercapai jika kamu terus berusaha untuk mendapatkannya.


jangan hanya meratap dipangkuan tanganmu, lihatlah orang lain sudah jauh melangkah untuk menuju mimpinya masing-masing, jangan hanya mengadu sungguh mengadu itu tidak akan merubah nasibmu.


coba untuk melangkah, meski perlahan lakukanlah dengan  konsisten tanpa kamu sadari, kamu akan tiba diujung impianmu.


9. perluaslah jaringan, perbanyak teman dan kenalan.


semakin banyak orang yang kamu kenal, maka akan semakin luar lapangan pekerjaan yang akan kamu dapatkan, dari setiap temanmu pasti akan menawarkan lowongan pekerjaan untuk kamu sebagai temanya, karenan mereka berada disetiap bidang dan karir.


selain mereka akan membantumu dalam bidang pekerjaan, suatu hari jika kamu sedang merasa kesulitan kamu tidak akan merasa kesulitan untuk mencari solusinya, karena kamu punya banyak rekan untuk sharing masalah apa yang sedang kamu alami, yakinlah salah satu dari mereka mampu memberikan solusi yang tepat untuk kamu.


10. jangan selalu menyalahkan diri sendiri.


kebiasaan menyalahkan diri adalah sebuah kebiasaan yang sangat jelek, dan berdampak tidak baik, jika kamu selalu menyalahkan diri kamu sendiri dalam setipa keadaan, secara tidak kamu sadari perlahan psikologimu akan down dan enggan untuk melakukan segala hal.

jika hal ini terjadi, maka akan sulit untuk kamu dalam meraih impian suksesmu dimasa depan oleh karena itu jangan rusak pola pikirmu oleh sikapmu sendiri.
11. tegaslah dalam mengambil keputusan.

Ketegasan lahir dari keyakinan dan komitmen pribadi terhadap keputusan yang diambil. Sikap tegas hanya dimiliki oleh orang yang mempunyai pendirian dan keyakinan kuat. ketegasan ini ada dikarenakan banyak pertimbangan yang mendasarinya salah satunya karena pengetahuan ilmu yang dia pahami.

Bersikaplah tegas karena ketegasan mencerminkan kekuatan keyakinan, bukankah orang yang tidak mempunyai keyakinan itu adalah orang yang terombang-ambing dalam keraguan, bukankah itu lebih menyedihkan. lebih baik ambillah keputusan dengan tegas ambil pula resiko yang akan diterima.

ingatlah resiko itu tidak semua buruk, orang yang belajar dengan rajin maka resikonya adalah ia menjadi tau tantang apa yang ia pelajari alias pintar. 

Ambillah tindakan tegas walaupun akhirnya kita tahu bahwa keputusan yang kita ambil itu salah.. lebih baik begitu karena dari kesalahan itu kita bisa belajar untuk memperbaikinya.


12. Kelola waktu sebaik mungkin.

Seandainya saya punya lebih banyak waktu!” Seberapa sering kamu mengatakannya? Waktu boleh dibilang sama bagi semua orang, karena orang yang berkuasa dan kaya tidak punya lebih banyak waktu daripada orang biasa dan miskin. 


Orang kaya maupun miskin juga tidak bisa menimbun waktu. Sekali waktu hilang, itu hilang selamanya. Maka, haluan yang bijaksana adalah memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang kita miliki. 



”Apabila parangmu tumpul dan tidak kau asah, engkau harus bekerja dengan lebih bersusah payah,” , ”Pakailah akal sehatmu, dan buatlah rencana lebih dahulu.” 

Buat rencana terlebih dahulu, seolah mengasah parang kamu, supaya kamu dapat seefektif mungkin menggunakan waktu. Sisihkan atau singkirkan tugas-tugas yang kurang penting, yang cuma menghabiskan waktu dan energi. 



Jika kamu ternyata masih punya waktu karena suatu pekerjaan lebih cepat selesai, beralihlah ke jadwal berikut yang perlu diselesaikan juga. Dengan berpikir terlebih dahulu, kamu bisa lebih produktif, seperti tukang yang bijak yang mengasah parangnya.

13. mulailah untuk mandiri.

Dalam sebuah fase kehidupan ada waktu dimana kita memutuskan harus hidup mandiri. Dan tentu saja untuk pertama kalinya mengurusi hidupmu sendiri. Kamu bisa jadi stress dan kalang kabut tentang bagimana hidup sebaik mungkin dalam pemasukan yang terbatas.

Entah kamu masih sekolah , kuliah atau sudah bekerja, permasalahan yang dihadapi akan tidak jauh berbeda ketika kamu harus hidup sendiri, masak masak sendiri, makan – makan sendiri, nyuci baju sendiri. 


Suka atau tidak, cepat atau lambat kamu harus hidup mandiri. Jangan takut! Hadapi tantangan ini sebagai proses pendewasaan dirimu.

14. merantaulah ke kota lain.

Zhang Xin, wanita Cina yang kekayaannya melebihi Donald Trump sukses mengubah nasib setelah merantau ke Inggris. Sementara, Tadashi Yanai, founder retail Uniqlo dengan kekayaan 15,5 Miliar US Dolar dan ditetapkan sebagai orang terkaya nomor 1 di Jepang juga melakukan hal serupa. Merantau, ternyata jadi kunci utama dalam kisah sukses kedua tokoh di atas.

Di Indonesia, budaya merantau pun kian lekat di masyarakat kita. Orang Sumatra merantau ke Jawa, sedangkan yang di Jawa pergi ke Kalimantan atau Sulawesi demi bisa sukses dan punya kehidupan yang lebih baik.

15. tentukan passionmu semuda mungkin.

Ternyata, masih banyak orang yang tidak tahu apa passion-nya dalam hidup ini. Tak heran bila Mereka mudah stres, hidup dibawah bayang-bayang orang lain, mudah bosan, serta tenggelam dalam rutinitas aktivitas sehari-hari. 

Passion memiliki arti yang luas, banyak diartikan sebagai gairah hidup yang mengkombinasikan antara menikmati, memaknai, dan merasakan apa yang sedang kita geluti. 

Passion adalah faktor penentu yang bisa membebaskan kamu dari cengkeraman kebosanan, rasa takut, penderitaan, hidup tanpa tujuan jelas, dan hal negatif lain. Ini adalah satu hal yang berkaitan dengan pengaruh tingkat memaknai dan mengekspresikan emosi, membawa keluar kualitas yang terbaik dalam diri kamu.  

Bila kamu telah menemukan passion, kamu dengan mudah menjalani kehidupan dalam kondisi apapun dengan penuh gairah dan kemampuan terbaik yang kamu miliki.

Passion hanya bisa ditemukan dalam diri dengan mulai melihat kedalaman diri sendiri, apa yang menjadi kesukaan yang bisa kamu wujudkan menjadi sebuah pencapaian besar.

Passion tidak pernah mengenal kata lelah maupun menyerah. Tidak pernah ada kata terlalu terlambat untuk menemukan kembali passion kamu.  kakmu selalu punya harapan, jika kamu masih percaya pada diri sendiri dan nilai kebahagiaan kamu, lebih dari apa pun.

16. buatlah karya, apapun itu.

Dalam Hidup kita harus jadi orang yang berguna , bukan cuman berguna untuk orang terdekat dan orang lain aja tapi kamu juga harus bisa jadi pribadi yang berguana bagi dirimu sendiri dan terlebih Tuhan. Penuhilah hidup mu dengan berkarya seumur hidupmu, Janganlah kalian hanya bertopang dagu aja selama hidupmu. Kalian harus bisa jadi orang yang bisa berkarya dalam hidup kalian. Berkarya dalam hidup itu memerluka beberapa perjuangan. Secara kita hidup pasti ngga lepas dari cobaan dan gangguan kan? Nah gimna sih tips tips untuk kalian bisa berkarya dalam hidup. Ini dia tipsnya :

Kalian harus punya cara sendiri untuk mencapai karir
Semua orang punya cara sendiri untuk mencapai karir kalian, cara menemukan cara kalian untuk mencapai karir dengan sebuah kegagalan. Kalian harus mempelajari setiap kegagalan yang pernah kalain alami pasti ada sebab dan alasan sehingga kalian tahu apa yang harus kalian lakukan untuk mencapai karir tersebut.

Kalian harus memulai dari yang kecil
Terkadang orang gagal untuk berkarya karena mereka terlalu sombong dengan tidak mau memulai dari yang kecil malah dari yang besar. Gengsi yang dimiliki oleh kalian semestinya dibuang aja. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil

17. bergabung dengan banyak komunitas

Kenapa butuh komunitas? Karena komunitas itu seperti lingkaran dan kita ada di tengahnya. Mereka akan memagari kita untuk kita gak salah jalur, atau membantu kita berdiri ketika kita akan terjatuh loh! Dan pastinya kita bisa saling share permasalahan yang sedang kita hadapi sekarang. Misalkan kita mengikuti komunitas bisnis. Ketika kita share kepada orang-orang didalamnya, kita bisa mendapatkan titik temu untuk masalah kita, atau memberikan inovasi pada bisnis kita ketika mendengarkan pengalam-pengalaman mereka. Dan bisa saling support dan membangun koneksi juga untuk kedepannya loh!

Sebelum mengikuti komunitas, kalian harus mengerti apa yang benar-benar kalian minati? Dan apa yang kalian ingin tahu? Dan pastinya harus positif.


 Dengan kalian mengetahuinya, memudahkan kalian mencari komunitas-komunitas yang bisa membantu kalian mengetahui apa yang kalian mau dan membantu mengembangkan diri kalian juga. Dan jangan malu bertanya. Komunitas juga merupakan wadah kalian bertanya dan memberikan pendapat.

18. siap untuk menerima resiko dari setiap keadaan.


"bengal kathoding takok katajam" (Pepatah Madura).
hanya berani gagangnya tapi takut dengan tajamnya celurit.

kebanyakan orang mau menerima sesuatu tetapi tidak mau menerima resiko. dengan kata lain pingin enak'e dewe. seharusnya berani mengambil tindakan harus berani bertanggung jawab, apa yang kita lakukan itulah hasil yang akan kita dapatkan.

Pekerjaan apapun yang anda terima, tindakan apapun yang anda lakukan, ucapan yang keluar dari mulut manis anda dan lain sebagainya akan mempunyai hasil & mempunyai resiko.


19. Bentuklah badan yang sehat, agar pikiranmu jernih

Menjadi pribadi yang baik adalah keinginan setiap orang, pribadi yang baik adalah pribadi yang bisa membawa kebaikan bagi sekitarnya, bagi keluarga, saudara, teman, sahabat dan semua yang ada di sekitar

Kita hidup dalam keharmonisan dengan alam dan lingkungan, ada berbagai macam jenis orang dengan karakter masing-masing. Sebagai manusia yang tinggal di Indonesia yang terkenal dengan pluraalisme, kita lebih menghargai perbedaan dan selalu ramah kepada siapapun. Salah satu pelajaran penting bahwa masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang ramah. Hal ini pula yang menjadi ciri khas negara Indonesia dimana selalu ada sikap toleransi dan peduli terhadap sesama manusia.

Dalam pembahasan kali ini kita tidak akan membahas mengenai kehidupan di negara ini, jauh dari itu kita akan membahas mengenai bagaimana menjadi pribadi yang baik yang mencerminkan kepribadian yang baik, santun dan hal ini juga yang menjadi tolak ukur perilaku seseorang.


20. Jadilah orang nomor satu.

jadilah orang nomor satu dalam komunitas sekecil apapun, jadilah pemimpin mereka, dengan begitu kamu akan belajar bagaimana cara mengatur orang lain dan diri kamu sendiri.

untuk menjadi orang nomor satu kamu harus memiliki jiwa sosial, karena kamu akan membutuhkan orang lain yang akan berada dibawah kepemimpinan kamu.

belajarlah cara mengatur orang lain, sebelum nanti kamu akan mengatur keluargamu, bekal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kamu dimasa yang akan datang.

cobalah untuk bekerja sama denga orang lain dalam mebentuk karkatermu sebagai pemimpin itu akan membuatmu lebih profesional.

21. jangan prioritaskan uang diatas segala hal.

jika kamu memiliki mindset bahwa uang segalanya, kamu akan sulit untuk berkomunikasi.

contoh sederhananya, kamu tidak akan hadir keundangan yang mengundang kamu untuk menjadi pembicara dalam salah satu seminar, karena mereka tidak memberimu upah.

hal ini akan memutus kepercayaan mereka terhadap kamu, mereka berpikir kamu hanya orang yang matre, sedikit-sedikit uang. disisi lain memang kita tidak bisa hidup tanpa uang, tapi tidak setiap kesempatan, kita harus membahas uang, tidak dalam setiap kegiatan kita harus dapat uang.

jangan jadikan uang sebagai prioritas hidupmu, maka kamu tidak aka mengerti apa arti kebersamaan.

22. mulailah serius dalam mencari pasangan hidup.


Sudah saatnya berpikir untuk mencari pasangan yang bisa diajak serius. Sudah bukan saatnya lagi untuk bersenang-senang, pamer penampilan pacar, atau sekedar mengisi kekosongan. Yang diperlukan adalah menemukan pasangan serius dan bisa diajak untuk berjuang bersama setelah adanya pernikahan. Memikirkan masa depan berdua, menjalani hidup, dan punya momongan.

Semua itu memang terlihat mudah ketika baru menjadi niat. Tapi saat menjalaninya, tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Dalam proses pencarian pasangan untuk serius, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.


setalah memang kamu siap untuk meminang atau dipinang, maka luruskanlah niatmu semata hanya untuk Allah.

serahkan segalanya pada yang kuasa agar kelak pasanganmu akan menjadi pasangan satu untuk selamanya, menjadi keluarga yang harmonis, sakinah mawaddah wa rohmah.

23. Binalah keluarga dengan harmonis.

pada akhirnya kamu akan merasakan bagaimana indahnya sebuah hubungan setelah mendapatkan restu dari yang maha kuasa untuk hidup berdua dengan pasanganmu untuk selamanya.

biasanya awal nikah harmonisme itu sangat kental, rasa cinta yang begitu besar akan tumbuh semakin besar jika harmonisme dalam keluarga tetap terjaga.

oleh karne itu agar cinta anatara kamu dengan dia tetap tumbuh maka jagalah harmonisme antara kalian agar menjadi keluarga yang bahagia dunia dan kahirat.


24. Baca segala buku.

Di usia 20-an, selain kegiatan bersenang-senang, kamu harus mengimbangi dengan kegiatan berpengetahuan. Bacalah buku-buku berkualitas yang bisa menambah pengetahuan. Kalau perlu, bacalah buku dari tokoh-tokoh dunia klasik di abad 18-19.


25. Nikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam.

Apa menariknya nonton matahari terbit dan matahari terbenam? Buat kamu yang belum terbiasa atau nggak pernah menikmati matahari, nggak ada jalan lain selain mencobanya. Duduk di bawah langit merah dan memandang matahari bisa menambah rasa syukurmu, karena telah diizinkan Sang Pencipta untuk menikmati keindahannya.



Semoga berhasil dalam menjalani hidup kamu, apapun profesimu nanti itulah hasil usahamu kini, oleh karena itu lakukan hal yang positif sekarang untuk mendpatkan kebahagiaan kelak dimasa depanmu.

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon