10 Tips Mencari Kosan yang efektif untuk mahasiswa baru


Karena niat dan tekadmu yang sudah bulat untuk kuliah  di luar kota, dengan rela hati kamu melepaskan tempat yang paling nyaman, tempatmu yang membentuk diri kamu hingga dewasa seperti saat ini, yaitu rumah kamu.

karena tidak ada saudara yang menetap disana, akhirnya kamu memilih untuk mencari kosan untuk tempat kamu menetap dan singgah. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mencari kosan, jangan sampai kamu salah memilih. karena disana kamu tidak tau medan peperangan, tidak tahu keadaan yang sebenarnya,

oleh karena masalah itu, kamu harus lakukan langkah-langkah dan tips untuk mencari kosan supaya nanti kamu nyaman dan pastinya betah, berikut ini adalah tips untuk mencari kosan:

1. survei tempat, dimana kamu mau cari kosan.


tips cari kosan

surveri tempat adalah hal pertama yang harus kamu lakukan, tentukan daerah mana yang akan kamu survei, jangan langsung ambil tindakan mencari tau lebih banyak itu lebih baik ketimbang nanti kamu gak bakal tahan lama tinggal di daerah itu.

kenali kedaan disekelilingmu, perhatikan apakah cocok denga seleramu, karena lingkungan sangat berpengaruh untuk ptoduktifitas kamu nanti selama merantau.

2.tanya senior kamu dimana tempat kosan yang paling baik.


tips cari kosan

secara kaka kelas kamu udah lebih pengalaman dari kamu soal kos-mengekos, oleh karena itu jangan malu bertanya diamana tempat yang paling cocok untuk kamu tinggal.

barang kali ada kaka kelas kamu yang mau bantu kamu nyariin kosan yang baik, atau mungkin mereka yang udah mau lulus kuliahnya dan ninggalin kosanya, kan bisa kamu lanjutin disana, yang pasti perhatikan dulu cocok apa tidak dengan kamu? setelah itu baru tanya soal harga.

3. bandingkan harga, cari harga yang paling sesuai dengan dompet kamu.


tip mencari kosan

jangan mentang-mentang punya banyak duit karena dibekali oleh orang tuamu saat kamu mau pergi, terus kamu cari kosan yang mahal, yang harus kamu ketahui kamu tinggal disana bukan untuk satu atau dua hari saja, disana kamu akan tinggal sampe nanti kamu lulus kuliah.

banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi selain membayar kosan, makanya dari itu kamu harus bisa mengatur uang dengan baik, harga sih bukan jadi patokan utama, tapi kalauharganya gak sesuai dengan keuangan kamu, bisa berbabe nanti di akhir bulan, bisa-bisa ibu kosan berubah jadi nenek lampir wkwkwk.

kalau kamu mau tinggal netap disana carilah harga yang ekonomis, supaya gak jadi beban buat kamu nanti, apa lagi kamu belum punya penghasilan dan masih minta sama orang tua, repot deh pokonya kalo kosan yang mahal.

4. cari lokasi yang strategis.

tips cari kosan

nah setelah kamu survei beberapa tempat mencari kesana kesini, pasti kamu nemuin beberapa tempat yang menurut kamu cocok untuk kamu tinggal disana dan harganya pun bersahabat, tapi jangan terburu-buru, ingat aku bilang kamu tinggal disana bukan untuk satu atau dua hari saja, makanya harus tetap memperhatikan kedaan lingkunganya strategis apa gak.

maksud dari strategis disini bukan berarti harus berada  di tempat yang mewah, deket ke mall, deket ke bioskop. Bukan, bukan itu maksud aku, tempat strategis itu tempat yang paling baik untuk kamu, coba tanya-tanya dulu ke ibu kosannya, apa disana area banjir? deket ke wateg gak? masjidnya dimana?secara kan kamu maha siswa harus rajin ibadah.

kan repot kalo ternyata kosan kamu itu kebanjiran, haduuh  jangan sampai deh. jangan lupa juga kalo kamu lebih memilih untuk membeli makan dari pada masak sendiri, cari tempat yang deket ke warteg kalo gak ke warung makan deh, supaya nanti kamu gak kelaparan selama ngekos/

5. lihat fasilitas kamar kosan yang kamu tuju.
tips mencari kosan


Sebuah kamar kosan merupakan tempat tinggal kamu untuk waktu tertentu, tergantung mau berapa lama kamu akan menyelesaikan kuliah nanti. Di ruangan kecil itu kamu akan tidur, belajar, makan, dan banyak hal lainnya.

Semua kegiatan yang dulunya bisa kamu lakukan di tiap ruangan yang berbeda, sekarang kamu melakukan semuanya hanya di dalam satu ruangan saja. Itu artinya, kamu harus bisa memilih tempat tinggal yang nyaman. Kenyamanan itu bisa membuatmu lebih betah melakukan banyak hal di dalam kamar itu.

Nah, tidak hanya harganya yang ekonomis, kondisi kamar yang pas di hati juga sangat perlu. Beberapa pertimbangan yang dapat kamu lihat bisa dimulai dari kriteria kamar yang kecil atau besar, apakah ada ventilasi yang cukup untuk pertukaran udara, kamar mandi di dalam ruangan atau di luar.

Fasilitas kamar juga perlu diperhatikan, seperti apakah sudah disediakannya atau tidak kasur tidur, meja belajar, dan lemari.

6. pastikan tempat kamu adalah tempat yang  aman.



tidak lupa pastikan daerah tempat yang akan kamu tinggali itu adalah lokasi yang cukup aman. Pun kamu sudah menemukan tempat yang aman, ada baiknya kamu tetap berjaga-jaga. Kamu bisa memasang kunci tambahan di pintu kamar.

Selain itu, kamu juga tidak boleh lalai dengan membiarkan pintu atau jendela kamar terbuka begitu saja ketika kamu tidak ada di dalam kamar. Simpan barang-barang berharga kamu di tempat yang tersembunyi dan di tempat yang tidak mudah untuk dilihat orang lain.

Itulah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih kos-kosan yang kamu butuhkan. Semoga dapat membantu dan selamat mencari ya!

7.  Perhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar Kosanmu.


Tempat kost sendiri ada yang berpenghuni orang – orang dengan berlatar belakang baik, ada juga yang memang nakal. Nah untuk menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan kedepan kita wajib memilih kost dimana kost tersebut memiliki penghuni kost dan juga lingkungan masyarakat yang baik dan benar pula.

Sisi positifnya jika kita melakukan tips ini kita akan terhindar dari perbuatan – perbuatan karena pengaruh lingkungan pergaulan yang tidak benar dan tidak sehat. Menjaga diri secara preventif tentu tidak ada salahnya agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

8. Apa kosan kamu mudah diakses?

tips mencari kosan

Poin yang satu ini pun tidak kalah pentingnya, ketika kamu sudah memutusakn rumah kosan dan sudah kemas untuk menetap disana, eeh,,,kamu baru sadar ternyata kosan kamu ada di plosokan kampung yang jauh dari jalan raya, zhoonk! terus kamu mau apa lagi?

maka dari itu perhatikan dulu apa kosan kamu mudah diakses, setidaknya kamu dekat ke jalan raya atau paling gak ada kendaraan umum yang bisa kamu jadiin kendaraan untuk mobilitas kesana kemari.

9. jangan sampai jarak kosan kamu terlalu jauh dari kampus.

tips mencari kosan

selain harus mudah diakes perhatikan jarak kosan ke kampus kamu, jangan sampai kamu telat ke kampus gara-gara jarak yang terlalu jauh apa lagi didaerah macet, kaya Jakarta. hmmm, gak kebayang deh nantinya.

untuk mempermudah kamu mending cari kosa sekitar kampus aja, selain bisa ngirit karena bisa jalan kaki, juga lebih efektif dan efisien, gak perlu menghabiskan waktu yang banyak, terus nanti pas belajar kamu masih fresh.

10. coba deh cari temen kamu buat ngekos bareng.

tips mencari kosan

supaya nanti dikosan gak kesepian, kamu harus rekrut temen kamu buat ngekos bareng, selain buat tempat sharing nanti, juga bisa untuk lebih ekonomis, karena tanggungan untuk bayar kos gak kamu tanggung sendiri, sukur-sukur kamu dapet kontrakan yang bisa nampung banyak orang, kan lebih irit lagi hehe.

kalo kamu ngekos bareng temen banyak manfaatnya, kamu bisa sharing Matkul yang belum kamu pahamin, bisa bisnis bareng nantinya, pokonya banyak deh manfaatnya ngekos bareng temen.

so, aku hanya ingin menegaskan, kamu itu hidup sendiri di kosan meski bareng temen-temen kamu, maksudnya kamu jauh dari keluarga kamu, tidak ada lagi yang memperhatikan pola makan kamu, pergaulan kamu, oleh karena itu kamu harus sudah bisa membawa diri, agar hidup kamu tetap produktif dan semakin berkembang menjadi lebih baik.

perhatikan masa depanmu jangan karena tidak ada pantauan dari orang tuam kemu melakukan apapun semau kamu, dewasa lah dalam menentukan tindakan jangan sampai ada penyesalan diakhir nanti, good luck!

Biarkan orang berkata cita-citamu terlalu besar, mungkin cara mereka berpikir terlalu kecil, hidupmu bukan tanggungan orang lain, maka jangan takut untuk berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa

1 comments so far

dan yg trpnting.. kamar mandi dalam

hhhe

Thanks for your visiting
EmoticonEmoticon