Hak Orang Tua Terhadap Anaknya Yang Harus Mereka Penuhi

Hak Orang Tua Terhadap Anaknya Yang Harus Mereka Penuhi
Voovilo.com-Ketika dua insan telah dipertemukan oleh sang pemberi jodoh maka tidak akan ada lagi penghalang yang dapat menolaknya. Karna pada dasarnya jodoh telah ditetapkan sebelum kita lahir kedunia ini. Dan ketika pertemuan itu berlanjut kepada jenjang pernikahan maka kebahagiaan akan menghapiri, dan seiring berjalannya waktu bersama pendamping hidup, terkadang kebahagiaan itu belum terasa sempurna ketika belum hadirnya sang buah hati, karna salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk melanjutkan keturunan.

Tetapi pada saat ini terkadang kehadiran buah hati itu tidak dirindukan oleh sebagian keluarga baru, karna mereka beralasan ingin menikmatin masa pengantinnya hingga beberapa bulan bahkan tahun. Padahal kebahagiaan itu akan terasa sempurna ketika keluarga itu mulai dilengkapi dengan keturunanya.

Seorang anak yang lahir kedunia ini sebagai titipan dari Allah kepada orang tua kita, yang dimana seorang anak mempunyai hak haknya yang harus dipenuhi oleh orang tuanya

Yang pertama, harus memberikan nama yang baik

Nama merupakan doa. Maka dari itu perbaguslah namanya agar setiap orang memanggilnya menjadi doa yang baik. Dan pergunakanlah nama nama yang ada dalam alquran.

Memang jika kita melihat pada zaman dahulu orang tua yang kurang tau tentang hal ini, kebanyakan mereka memberi nama anaknya itu tanpa mengandung arti yang diperintahkan oleh agama, yang penting anak anaknya diberi nama, tetapi beda dengan jaman sekarang pengetahuan sudah semakin luas, dan pemikiranpun harus semakin berkembang maka dari itu perbaguslah nama nama keturunan kita agar mereka selalu mendapat doa setiap waktunya.

Yang kedua, mendidiknya dan mengajari baca tulis

Mendidik seorang anak merupakan sebuah kewajiban orang tua, terutama seorang ibu, karna kebanyakan seorang anak begitu dekatnya dengan seorang ibu, yang diman dia merasakan bagaimana dekapan kasih sayangnya itu lebih dekat.

Maka dari itu seorang ibu harus mempunyai pendidikian yang baik terutama dalam hal agama karna ketika kelak dia melahirkan maka dia akan menjadi madrasah pertama untuk anak anaknya.

Dan ketika seorang ibu yang paham tentang bagaimana keinginan dan harapannya kepada sang anak yang dikandungnya maka dari itu orang tua tidak hanya mendidik setelah melahirkan tetapi ada pendidikan didalam kandungan, maka dari itu selama kehamilan lakukan lah hal hal positif yang akan memberikan pembelajaran untuk sang buah hati, sehingga ketika dia terlahir kedunia dapat menjadi anak yang soleh dan sholehah, karna ketika semua itu telah menjadi kebiasaan sejak iya mengenal dunia maka akan lebih mudah untuk mendidiknya.
Dan tidak hanya pendidikan saja, tetpai seorang anak perlu diajarkan berenang dan memanah agar dia dapat menjaga dirinya dari kejahatan manusia.

Yang ke tiga, hendaknya memberi rizky yang halal

Rizky merupakan perkara yang telah ditentukan oleh Allah kepada hambanya. Tetapi manusia tidak pernah merasa cukup dengan pemberian Allah, maka dari itu tekadang untuk mencari kelebihannya itu mereka menggunakan jalan yang tidak baik, perkara yang sangat dibenci Allah, salah satu contohya mencuri, korupsi.

Apakah semua itu perbuatan baik? sungguh tidak, dan kenapa manusia tidak berfikir tentang halal haramnya suatu pekerjaan, bagaimana mungkin anakanya tumbuh dengan baik, menjadi anak yang cerdas dan sholehah berbakti kepada orang tua nya apabila mereka di besarkan dengan uang yang tidak halal, darah dagingnya tumbuh dengan hal yang sangat dibenci Allah.

Maka dari itu, cari lah rizky yang halal, agar dia tumbuh dengan baik dan menjadi anak kebanggaan orang tua diduia dan akhirat.

Yang keempat, nikahkanlah jika anak itu telah tumbuh dewasa

Sungguh islam itu indah, segala perkara yang dibutuhkan manusia telah diatur islam sebaik mungkin. Hal ini yang terkadang sulit untuk di pahami oleh sebagian mausia, karna terkadang orang tidak siap dengan menikah dan akhirnya memilih untuk pacaran, padahal sudah jelas larangan pacaran itu seperti apa dalam alquran.


Dan yang anehnya zaman sekarang ketika ada pernikahan di usia muda pandangan orang orang aneh aneh, padahal sudah jelas dalam islam itu tidak ada larangan menikah muda. Maka dari itu sebagai orang tua jika melihat anaknya sudah dewasa dan mulai menyukai lawan jenisnya maka nikahilah agar mereka pacaran setelah menikah. Dan agar terjaga dari murkanya Allah.

Ini lah Haknya Seorang Muslim Terhadap Sesama Muslim


Voovilo.com- Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana saling membutuhkan satu sama lainnya, dan mempunyai sikap saling ketergantungan. Begitulah kehidupan manusia tidak akan bisa bertahan hidupnya tanpa ada bantuan dari orang lain, karna sehebat apapun manusia suatu saat pasti membutukan bantuan orang lain.

Maka dari itu sebagai umat muslim harus saling menyayangi sesama manusia karna dengan begitu kita akan merasakan hidup yang sesungguhnya. Tetapi keadaan seperti ini sudah hampir sulit ditemukan didaerah perkotaan, kebanyakan mereka hidupnya individualisme, dan hampir tidak mengenal antar satu sama yang lainnya.

Padahal jika kita sadari bahwa hal tersebut tidak ada gunanya kita hidup seperti itu. Dan bersyukurlah bagi kita yang masih hidup di daerah pedesaan yang dimana masih merasakan rukunnya tetangga, indahnya bermusyawarah, dan ramainya gotong royong.

Pembahas mengenai hal tersebut ternyata dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa ada enam perkara haknya seorang muslim terhadap muslim yang lainnya.

Yang pertama, jika bertemu mengucapkan salam.

Kita sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah pasti ingin saling mendoakan antara sesama, maka dari itu perbanyaklah mengucapkan salam ketika kita bertemu dengan seorang sahabat, keluarga maupun tetangga. Kenapa semua ini perlu dilakukan? karna didalam ucapan tersebut mengandung doa untuk keselametan kita. Dan beda dengan anak alay zaman sekarng ketika bertemu dengan seseorang yang saling mengenal bukan ucapan itu lagi yang terlontar tapi bahasa bahasa gaul yang sering dipergunkan, burukah hal itu? tidak juga, tetapi alangkah baiknya ketika kita seorang muslim maka ucapkanlah kata kata baik agar menjadi doa untuk kita.

Yang kedua, jika diundang maka hadirilah

Inilah yang akan mempererat tali silaturahmi antar manusia yang dimana kita bisa bertemu dengan sodara sodara kita dimanapun dia berada. Undangan yang sudah menjadi kebiasaan di indonesia itu, bukan hanya dalam pernikahan, tetapi dalam hal lainnya misalnya, acara khitanan, ataupun syukuran dalam suatu acara. Dan terkadang perkara ini suka dianggap hal spele oleh sebagian manusia, berbagai alasan mereka tidak memenuhi undangan saudara nya, padahal ternyata jika kita sudah mengetahui hal tersebut sudah tercantum dalam hadist dan itu sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, maka dari itu penuhilah undangan saudarimu agar saling menjalin silaturahmi dengan baik.
Karna salah satu keutamaan bersilaturahmi yaitu panjang umurnya dan dimudahkan rizkynya.

Yang ketiga, jika meminta nasihat maka nasihatilah

Kehidupan manusia tidak pernah jauh dari masalah dan kehilafan. Terkadang dengan masalah tersebut selain mengadu kepada sang pemberi masalah terkadang juga ingin menceritakan hal tersebut kepada makhluq Allah. Dan biasanya ini kebiasaan banyak wanita yang sering cerita terhadap sahabatnya, seolah olah dia punya sandaran yang membuat dia merasakan kenyamanan. Dan berbeda dengan laki laki entah karna cueknya sehingga jarang sekali terlihat cerita tentang sebuah masalah apa karna merka memang diciptakan untuk menjadi manusia kuat? Mungkinkah.

Meskipun terkadang kita menganggap spele dengan perkara ini padahal ternyata ini menjadi hak kita untuk saling menasihati antara mesama muslim, apalagi ketika sesorang sedang mengalami masalah besar maka wajiblah bagi kita untuk memberi nasihat nasihat yang baik agar mereka bisa bangkit dari sebuah masalah.

Yang ke empat, apabila bersin maka ucapkanlah basmalah kemudian balaslah dengan membaca doa
Sesuatu yang terjadi pada badan kita merupakan sebuah nikmat yang Allah SWT berikan kepada hambanya, salah satu nya hal ini, ketika kita mampu bersyukur maka kita akan menikmati dengan menyebut nama nama Allah tetapi jika kita tidak pernah bersyukur maka yang ada bukan memuji Allah tetapi malah mengucapkan bahasa bahasa yang sangat buruk untuk diucapkan.

Maka dari itu ketika nikmat itu diterima ucapkan lah hamdalah agar apa yang Allah berikan menjadi nikmat.

Yang kelima jika sakit maka jenguk lah

Sakit merupakan sebuah kasih sayang Allah yang diberikan kepada hambanya, bagaimana mungkin bisa menjadi kasih sayang Allah bukankah sakit itu ujian? Iya ujian bagi orang orang yang sabar karna dengan sakit itulah manusia akan terhapus dari dosa dosanya.

Maka dari itu kita sebagai manausia yang harus saling menyayangi antara sesama muslim sudah menjadi kewajiban kita untuk saling mengasihi antara sesama, salah satunya ketika tetangga ataupun saudara kita sakit maka lihatlah dan doakanlah, agar apa yang kita lakukan saat ini bisa menjadi bekal untuk kita disuatu hari nanti.

Yang keenam jika wafat maka kuburkanlah

Kematian merupakan hal yang pasti menghampiri semua makhluk ciptaan Allah yang hidup di dunia ini. Dan tanpa mengenal batasanan waktu dan usia. Kematia itu diibaratkan ketika seseorang menebang sebuah bambu, yang dibutuhkannya yang tua tetapi terkadang yang kecilpun ikut tumbang, begitupun dengan kematian, tak ada seorang pun yang mengetahui akan hal ini, tugas kita sebagai manusia hanya mempersiapkan sebaik mungkin untuk menunggu kematian itu.

Dan ketika mati maka tidak akan bisa berbuat sesuatu sekecil apapun itu. Maka dari itu, menjadi kewajiban orang hiduplah untuk mengurus seseorang yang telah meninggal dan ini hukumnya fardu kifayah.

Ditulis Oleh: Erniawati

Masih Terjerat Di Hati Mantan? Lakukan Hal-hal Berikut Ini Biar Cepat Bisa Move On


Cara jitu mengusir mantan dari hati- Mantan merupakan seseorang yang pernah hadir hanya untuk singgah dalam hidup kita dan pernah menjalin suatu ikatan yang belum pasti. yang sejak pertama kamu kenal sebagai orang lain, sehingga kamu mengenalnya lebih dekat, bahkan lebih dekat, namun akhirnya berujung menjadi orang lain kembali yang tak pernah kamu kenal sebelumnya, atau bahkan ada juga yang menganggap bahwa mantan adalah makhluk yang takkan pernah dia kenal kembali, opss, sadiis yaah!

Perpisahan merupakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh setiap mereka yang sedang dilanda asmara cinta, ciee.. Namun, apa daya ketika salah satu sudah merasa tidak cocok, tidak ada lagi yang harus dilakukan selain memilih untuk putus.

Putus merupakan kata yang sangat misterius, dan memiliki makna yang dalam bagi yang sedang merasakanya, putus cinta memang sakit katanya, bahwakn lebih sakit dari pada disengat lebah, waah, seseorang yang diputuskan pasanganya tentu akan merasakan keadaan yang terburuk dalalm hidupnya, meski sebagian ada yang mengharapkan kata putus itu keluar dari pasanganya, hmmm,, jarang siih sepertinya,,,

Seperti pepatah mengatakan bahwa cinta itu indah diawal nikmat ditengah sakit diakhir, (bukan kata-kata bijak) oleh karena itu, banyak orang yang terjatuh setelah mendengar kata "putus" dan untuk bangkit kembali membutuhkan waktu yang cukup panjang, meski sudah sembuh dari luka cinta, namun dia akan selalu ingat sepanjang hidupnya, hmm hmmm,,, 

jika kamu salah satu orang yang gagal move on dari mantan, jangan berpikiran bahwa hidup kamu tidak akan berlnajut tanpa dia yang telah membiarkanmu pergi, masih banyak orang yang akan selalu setia denganmu.

masih sulit untuk move on? coba simak tips jitu dibawah ini, untuk melupakan mantan kamu, dijamin takkan ada  lagi bayangan mantamu dalam hidupmu, selamanya!

Lakukan tips berikut untuk move on dari mantan:

1.Ikhlaskan saja, biarkan dia bersama pilihannya


Jika kamu sudah yakin bahwa jodoh telah ada yang ngatur, ngapain coba kamu menangisi kepergiannya. Jika dia pergi, itu tandanya bukan jodohmu. Apakahkah kamu akan tetap mempertahankan jodohnya orang lain? Tentu tidak kan. Karena, dia pergi meninggalkanmu, yakinlah pasti akan ada yang memcoba untuk berjalan menemuimu.
Mantan Adalah Jodoh Orang yang Kamu Pinjam, sesuatu yang dipinjam harus dikembalikan kepemiliknya
Ketika keiklasan mulai kamu miliki, maka sudah jangan pernah galau lagi ketika ditinggalkan pasangan yang belum halal. Jika kamu harus tau, kenapa mereka meninggalkanmu. Itu tandanya Allah sangat menyayangimu, Allah lebih ingin melihat kamu sendiri daripada berpasangan dengan orang yang belum tentu mendapat ridho Allah. Karena, jodoh telah ditentukan oleh sang maha pemberi jodoh. Jadi, janganlah resah kawan.hehe

2. Dari pada galau, meding banyakin ibadah, minta ke yang  Maha Pemilik segalanya


Ibadah merupakan sebuah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Ketika manusia ingin melupakan perkara dunia maka perbanyaklah ibadah. Karena, dengan ibadah waktu kita akan terasa berharga dibandingkan mengingat sesuatu yang tak ada manfaatnya

Ibadah menjadikan kita lebih dekat dengan Allah, yang dimana Allah yang mengatur segalanya, termasuk masalah jodoh. Maka jika manusia masih suka galau karena patah hati, maka dekatilah sang pemberi jodoh dengan memperbanyak ibadah kepadanya.

3.Lebih banyak luangkan waktumu bersama sahabat-sahabatmu


Ketika kamu baru saja diputuskan oleh pasangan mu, coba janganlah kamu memilih berdiam sendiri dikamarmu. Karena, semua ini yang akan membuat kamu semakin galau. Tetapi, carilah hiburan diluar sana bersama sahabatmu.

Ajaklah dia main kesuatu tempat yang bisa membuat kamu bahagia dan lupa dengan mantan kekasihmu. Karena memang terkadang sahabat itu selalu menjadi sandaran untuk kita, dia selalu ada dalam suka dan duka.

Maka dari itu, sayangilah sahabat, jangan sampai meninggalkan sahabat hanya demi pasangan yang belum pasti. Dengan kesibukan ini lah yakin kamu akan cepat melupakan mantanmu.

4.Buang jauh-jauh segala hal yang berkaitan dengan mantan


Biasanya ketika seseorang pacaran atau menjalin suatu hubungan. Rasanya ingin saling membahagiakan, apapun yang diinginkan pasangannya pasti berusaha untuk memberikannya.

Misalnya dihari ulang tahunmu, si dia memberi suatu kado atau hadiah yang dimana itu merupakan sesuatu yang kamu inginkan. Yakin deh pasti bahagiakan?Namun, ketika kamu sudah putus apakah masih bahagia melihat pemberiannya itu? Rasanya antara bahagia dan bersedih ya.

Maka dari itu, jika kamu ingin melupakan si dia coba kalau bisa jangan menyimpan barang-barang yang membuat kamu semakin mengingatkan, itu semua yang membuat mu susaah move on.

kalau bisa buang saja barang-barang yang sempat dia berikan, atau jika kamu masih sayang untuk membuangnya. Simpen saja ditempat yang dimana kamu merasa aman dan tidak dapat kamu lihat.

5.  Jauhkan telingamu dari mendengarkan lagu yang melow, apa lagi lagu kenangan dengan dia, aduuuuh..


Sudah menjadi kebiasaan anak muda nih, ketika mereka sakit hati atau galau, yang mereka dengarkan bukan lah lagu-lagu yang membuatnya gembira, justru mereka lebih suka mendengarkan lagu-lagu yang membuatnya semakin galau. Ini merupakan sebuah kebiasaaan yang harus dihilangkan. Dikarenakan, dengan kebiasaan seperti ini akan sulit melupakan sang mantan


6. jika dia memang bener-bener cinta kamu, gak mungkin deh kamu ditinggalin gitu aja


Ngapain coba harus ditangisin orang yang sudah meninggalkan kamu, memangnya kamu mau bertahan dengan orang yang tidak mencintaimu. Bersyukurlah dia telah memilih meninggalkanmu, itu tandanya kamu berhak mencari orang yang akan sama-sama saling mencintai. Sudah lupakan saja dia, dan cara yang paling ampuh galau karena laki-laki maka obatnya pun harus mencari laki-laki lagi.

7. sakit hatimu jangan dilampiasin untuk mencari pengganti dia yang pergi


Kebanyakan para pemaja ketika mereka putus cinta, mereka langsung mencari pasangan baru. Mereka kembali menjalin hubungan yang baru dengan orang yang baru pula, buka didasarkan atas cinta.

Namun, terkadang hanya dijadikan sebagai pelampisan saja untuk bisa melupakan si mantan. Padahal jangan pernah melakukan cara seperti ini. yang ada bukan malah lupa tapi malah akan semakin membuat kamu mengingtnya.

8. hiduplah dimasa sekarang bukan dimasa lalu


Jika kamu masih mengingat-ngingat mantanmu, itu berarti kehidupanmu ada dimasa lalu bukan dimasa sekarng. Maka dari itu, lupakan saja dia, berhenti pikiranmu untuk memikirkan dia, bawa hatimu kemasa depan dengan orang yang akan mengisi kekosongan hatimu kelak.

Karena dengan kamu memikirkan masa dapan, itu yang akan membuat hari-harimu lebih bermanfaat lagi dan akan cepat pula melupakan mantan kekasihmu.
Dan bersyukurlah bagi para jomblo, kalian akan terbeba dari sakitnya patah hati.

9. lakukan hal yang positif, buktikan bahwa kamu tidak pernah menyesal ditinggalkan dia


jika kamu terus murung dan merasa sakit hati, tak ingin bangkit dan menjalin hidup yang baru, dengan sesuatu yang bermanfaat bagi kamu, itu tandanya dia sudah berhasil membuatmu galau, masa iya sih kamu mau diremehkan seperti ini, justru kamu harus buktikan bahwa kamu tidak pernah menyesal ditinggalklannya, bahkan kamu harus jadikan ini sebagai motifasimu untuk bangkit dan membuktikan bahwa dia GAGAL untuk membuat hidupmu galau.
galau tak akan menyelesaikan masalah, yang ada dia akan membawa masalah yang baru

Tata Cara Bertamu Yang Baik dan Sopan Menurut Ajaran Agama Islam




Tata Cara Bertamu Yang Baik dan Sopan-Didalam agama islam segala sesuatu yang terjadi didunia ini telah diatur sebaik mungkin dan begitu rapih, semua itu terjadi agar kita tidak salah dalam menempatkan segala sesuatunya. Bukan hanya dalam beribadah saja Allah mengaturnya tetapi dalam hal bertamu pun ternyata ada aturannya tersendiri.

lakukan hal berikut ini ketika hendak bertamu

Coba untuk beritahu terlebih dahulu




Didalam perkotaan kebanyakan manusia atau orang-orang setiap harinya sibuk dengan pekerjaannya, sehingga sangat sulit untuk bertemu, maka dari itu ketika ingin bertemu dengan siapapun itu, beri tahu terlebih dahulu orang yang akan bertemu dengan kita, agar mereka bisa menyiapkan waktu yang tepat kapan untuk bertemu, sehingga pas ketemu nanti tidak mengganggu waktunya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat."

Tepat pada waktunya



Setelah kita memberi tahu dan meminta untuk janjian dalam bertemu maka tetapilah waktu itu, jangan sampai ketika perjajian itu telah fix, tapi kita sendiri yang tidak menepati janjinya, ini sungguh perkara yang tidak boleh dilakukan karna akan mengurangi kepercayaan orang lain.

Cobalah untuk tidak membuat orang lain menunggu, karena kamu sendiri tahu, bahwa menuggu adaah hal yang menjengkelkan, maka cobalah untuk disiplin pada waktu yang telah kamu janjikan.

Ucapkanlah salam


Ketika datang bertamu ke rumah orang, maka hendaklah mengucapkan salam sebagai rasa hormat dan saling mendoakan sebagai sesama orang muslim. Karna dengan mungucapkan salam tersebut.
Dari Abdullah bin Amr bin Ash, bahwasanya ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah saw : Bagaimanakah Islam yang baik itu? Beliau menjawab : "Yaitu kamu memberi makanan, dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang belum kamu kenal. HR. Bukhari dan Muslim

Menghormati ahlul bait dengan cara menunggu  untuk dipersilahkan

Ketika bertamu jangan sampai kita langsung masuk kerumahnya, tetapi jika pintunya belum dibuka maka tunggu sampai dibuka, jangan sampai kita sebagai tamu malah membuka sendiri, ini perbuatan yang tidak baik selaku tamu, setelah begitu jika sudah bertemu dengan orang yang punya rumahnya maka jangan dulu duduk sebelum dipersilahkan. Inilah tatacara yang islam perintahkan.

Meski kamu mengenal dekat pribumi, tapi harus ingat waktu

Bertamu berarti mendatangi rumah orang, dan pasti mempunyai batasan tersendiri, yang dimana ketika kita bertamu maka janganlah terlalu lama dan ketika ingin menyampaikan suatu kepentingan maka sampaikanlah sesuai tujuan, jangan sampai memperlambat tujuan kita. Kenpa harus seperti ini? Ditakutkan orang yang kita kunjungi masih punya kepentingan yang lebih penting untuk diselesaikan. Kecuali, ketika kita ingin menginap maka minta izin lah terlebih dahulu dan ketika sudah diperbolehkan maka nginaplah tetapi jangan lebih dari tiga hari.

Jagalah sikap


Perilaku merupakan penampilan diri kita, baik buruknya diri kita bisa dilihat dari apa yang kita lakukan terhadap orang lain. Maka dari itu perbaiklah sikap dan perilaku kita terhadap orang lain terutama ketika kita bertamu kerumah orang lain maka segala bentuk kesopanan harus dijaga agar orang lain tidak menganggap buruk terhadap diri kita.

Writer: Erniawati

Dengan Jibab, Aku Mencoba Untuk Berhijrah Menuju Kedaan Yang Lebih Baik


Sudah menjadi ketetapan Allah bahwa seorang wanita diciptakan dengan penuh keistimewaan, sehingga wajib baginya untuk menjaga dirinya terutama dalam berpenampilan, dikarnakan untuk menjaga dari hawa nafsu lawan jenisnya.

Maka dari itu jilbab merupakan salah satu hal yang diwajibkan islam untuk dipergunakan oleh kaum hawa, dan sebetulnya tujuan untuk mengenalan jilabab itu baik, dimana agar dia lebih terjaga dan juga bisa menjadikan dia wanita sholehah. Tetapi, zaman telah berubah kebanyakan wanita zaman sekarng bukan pakain islami yang dia pakai tetapi mereka lebih senang menggunakan pakaian barat yang dimana itu bukan dari ajaran agama islam, kenapa banyak sekali kejadian yang menghancurkan harga diri wanita, mungkin salah satu faktornya karena wanita sekarang tidak mampu menjaga dirinya dengan baik, tidak bisa menutupi dirinya dengan pakaian syari.

Memetik Hikmah Dari Setiap Ujian Kehidupan Yang Melanda


Hidup merupakan perjalanan sementara, yang harus dijalani didunia ini sebagai penghubung untuk melanjutkan kehidupan yang kekal diakhirat nanti. Dalam kehidupan itu tak seindah masa kecil yang dimana setiap keinginan dapat diminta kepada orang tau, tetapi ketika mulai dewasa kehidupan yang sesungguhnya mulai terasa, bagaimana caranya untuk bertahan dalam situasi apapun, karna tanpa disadari setiap saat masalah datang menghampiri dengan berbagai macam bentuk dan maksudnya.

Semua itu dapat menjadi pelajaran apabila kita mampu memahami arti dari sebuah cobaan tersebut. Karna perlu kita ketahui bahwa hidup ini tidak selurus jalan tol dan tak seindah bunga yang sedang mekar. Tetapi kehidupan ini seperti ketika kita melihat pegunungan yang dimana hanya terlihat indah apabila melihatnya dari kejauhan tetapi jika kita mulai berjalan dan menelusuri pegunungan tersebut segala yang tak pernah terbayangkan akan menghampiri, begitu pula dengan kehidupan.

Bukti Bahwa Sahabat Mampu Membawa Kita Ke Jalan Yang Lebih Baik

friendship

Sahabat merupakan teman yang bukan hanya sebatas mengenal, tetapi lebih dari itu, mereka memahami apa yang tidak pernah dikatakan, mereka mengerti tanpa harus dijelaskan, dan mereka menjaga tanpa harus diminta.

Persahabatan hadir bukan sesuatu yang direncanakan, tetapi mereka hadir dengan sendirinya, entah karna bertemu dalam sebuah acara, dalam organisasi, bahkan dalam tempat menuntut ilmu. Tetapi tanpa direncanakan inilah yang membuat ikatan batin persahabatn terjalin.

***
Tidak selamanya persahabatan itu terjalin dengan syariat islam, karna banyak diluar sana persahabatan terjalin karna memiliki satu tujuan atau kebiasaan yang sama, salah satunya seorang peria yang merokok mereka pasti mencari teman atau sahabat yang sama dengan kebiasaan yang sering dilakukan. Kenapa semua ini terjadi? ya karna ketika keinginana itu hadir maka dengan mudahnya dapat disalurkan dengan orang yang sama-sama menyukai hal itu, sungguh hal ini bukanlah persahabatan yang semestinya, karna pada dasarnya ketika kita menjadi seseorang yang jauh dari kebaikan maka bergabunglah dengan orang-orang baik agar kita bisa menjadi orang yang mampu memperbaiki

Lantas teman seperti apa yang baik menurut syariat islam?

Yang pertama, setiap melihatnya membuat hati mengingat Allah Swt
Ketika kita bersahabat dengan orang yang taat kepada Allah, yakinlah bahwa setiap apa yang dialakukan pasti bernilai ibadah, bahkan ketika melihat cara berpakaiannya pun, seolah-olah kita ingin mengikuti apa yang dia lakuakan.

Bagaimana tidak, ketika kita lupa kepada Allah Swt bila melihatnya saja kita langsung inget kepada Allah karna setiap waktunya hanya disibukan untuk mengingat Allah, setiap hembusan nafasnya hanya untuk berdzikir kepada Allah, sahabat seperti inilah yang sepatutnya kita miliki didunia ini, agar 
kita bisa terus berpegang teguh dan istiqomah kepada ajaran allah berssama sahabat dunia akhirat.
Yang kedua, selalu berusaha mengajak kepada kebaikan

Perkara yang terkadang sulit dilakukan itu berbuat baik, baik dalam hal ibadah, baik dalam akhlak maupun baik dalam setiap langkahnya. Disini lah terkadang kita terlena dengan indahnya nafsu dunia yang hanya sesaat, terkadang karna temen pula lah kita bisa terjerumus kepada hal hal yang tidak sepantasnya kita lakukan, nah dengan bersahabat bersama orang yang selalu mengajak kepada kebaikan, disitulah kita akan merasakan bagaimana bisa merasakan cahaya ketika arah dan tujuan ini terasa gelap, sahabat lah yang akan menuntun, menunjukan, dan membimbing agar apa yang menjadi tujuan kita yang sesungguhnya tidak pernah berpaling dari ajaran Allah Swt.
“sahabtmu adalah siapa yang bisa membuatmu menangis (karena kesalahanmu), bukan yang membuatmu tertawa (karna kesalahanmu).
(Ali bin Abi Thalib
Begitulah sahabat yang sesungguhnya yang dimana akan selalu mengingatkan kita atas sebuah kesalahan, menangis dalam dekapan yang membuat khilap yang akan diperbaiki, tersenyum yang membuat dunia akan lebih indah terasa.

Yang ketiga, selalu menyebut kita dalam setiap lantunan do'a-do'anya

Doa merupakan sebuah keinginan yang disampaikan kepada sang maha pemberi kenikmatan, maka dari itu sahabat yang taat kepada Allah itu akan selalu mengingat sahabat-sahabatnya dalam doanya karena berharap dipertemukan bukan hanya didunia saja tapi berharap agar diakhirat kelak dapat saling menolong untuk masuk kedalam sebuah kenikmatan yang belum pernah dirasakan, untuk melihat yang belum pernah dilihat sebelumnya, untuk mendengar yang belum pernah di dengar sebelumnya, merasakan bahagia yang belum pernah dirasa kebahagiaan itu sebelumnya yaitu syurganya allah swt. Masyaallah

Semaga kita mempunya sahabat yang istiqomah dalam kebaikan didunia ini lantas dipertemukan kembali diakhirat dan berkumpul di syurganya ALLAH SWT. Amiin

Do'aku Untukmu, Semoga Allah Mencatat Kebahagiaan Dengan Segala Pilihanmu


Voovilo.com- Kehidupan adalah sebuah keharusan yang harus dijalani manusia yang tercipta di bumi ini, semua orang mengetahui tentang hidup tetapi hanya sedikit orang yang memahami tentang makna kehidupan itu sendiri.

Terkadang banyak orang yang hidup hanya raganya saja, tanpa mengetahui peran sesungguhnya dia sebagai apa, sehingga dia sendiri tidak mengetahui apa yang sehararusnya dia lakukan dalam kehidupannya. Perkara seperti ini sudah tidak asing lagi terlihat oleh kedua bola mata kita.

***
Hidup merupakan sebuah pilihan yang dimana suka, duka, menangis dan bahagia itu semua kita yang menentukan, bukan orang lain, tetapi terkadang manusia tidak sadar akan hal ini, ketika sebuah keinginan tidak tercapai dalam kehidupan bukan menanyakan kesalahan kepada diri sendiri malah yang ada menyalahkan keadaan, padahal pada dasarnya segala sesuatu yang terjadi didalam hidup ini merupakan akibat dari apa yang kita lakukan.
Hidup ini adalah tanggunganmu, maka jangan berharap ada orang lain yang akan membantumu
***
Didalam kehidupan selalu banyak berbagai macam pilihan yang selalu kita jumpai, didalam keadaan inilah terkadang manusia lupa akan hakikatnya sendiri, karna bawasannya ketika kita memilih sesuatu karna Allah, yakinlah itu semua yang terbaik utuk diri kita, tetapi sayangnya manusia tak semua sadar akan hal ini, kebanyakan mereka memilih sesuatu hanya mengikuti hawa nafsunya dan itu semua yang akan menjadi penyesalan dalam hidupnya, sehingga seiring berjalannya waktu apa yang menjadi pilihan itu terkadang menjadi sebuah beban dalam hidupnya, sehingga sulit untuk dijalani. Dan semua itu terjadi sesuai niat awal kita.

Karena jika semua sudah terjadi, apa yang bisa kita lakukan, ya,, hanya mampu menerima dengan ikhlas dan mencoba untuk bertanggung jawab dengan apa yang sudah menjadi pilihan dalam hidup kita.

Maka dari itu perhatiakanlah poin poin berikut agar pilihan hidupmu menjadi kebahagiaanmu untuk masa depanmu

Janganlah takut dan khawatir


Nah perkara seperti inilah yang terkadang menjadi penghambat dengan pilihan hidupmu, ketika kamu menentukan sebuah pilihan dalam hidupmu, maka kamu harus meyakini dengan sepenuh hati bahwa itu merupakan yang terbaik untuk hidupmu, buang jauh jauh tentang pikiran negatif yang melintas dalam pikiranmu, karna ketika kita terlalu cemas dengan keadaan itu maka pemikiran negatif itu lah yang akan terjadi karna keyakinan sendiri.

Dan harus kita sadari juga bahwa Allah swt akan memberikan sesuai dengan perasangka hambanya. Tetapi terkadang kebanyakan manusia mengkhawatirkan tentang hari esok tanpa berfikir akan adanya hari yang sedang dijalani, maka dengan perasaan seperti inilah yang akan menjadikan sebuah pilihan itu semakin tidak sesuai dengan keinginan hati. Maka dari itu teruslah berjalan dengan penuh keyakinan.
Karena keyakinan tidak akan terkalahkan oleh keraguan
Fokus pada pilihanmu


Tidak semua orang bisa fokus dengan apa yang telah menjadi pilihannya,terkadang sifat labil manusia tidak bisa untuk dihilangkan, karena dalam hatinya selalu tumbuh ragu-ragu, ketika ada hal yang membuatnya ragu, padahal itu semua hanya sebagai ujian untuk kita, sampai mana kita bisa fokus dalam sesuatu yang telah kita pilih.

Maka dari itu, istiqomah meruapakan solusi yang tepat untuk menjalani apa yang sudah menjadi pilihan hidupmu, meski terkadang banyak godaan untuk menyimpang, setidaknya niat istiqomah itu lebih ditekankan sehingga kita bisa bahagia dengan apa yang akan kita jalani.

jangan hidup dimasa lalu

Berbicara tentang masa lalu ya mungkin setiap orang pasti pernah mengalaminya, meskipun berbeda dari sudut pandangnya, ada yang punya masa lalu dalam hubungan asmara, persahabatan ataupun hal yang lainnya, meskipun terkadang masa lalu yang menyenangkan itu indah ketika diingat kembali, tetapi jika sebaliknya jika masa lalu itu berupa kesedihan, lantas apa yang akan membuat bahagia? yang ada mungkin akan hadir sebuah kesedihan dan hal itulah yang akan menghambat semangat hidup dimasa depan.

Maka dari itu lupakan masa lalu dan jadikan itu sebagai guru terbaikmu dimasa depan.

Karna ketika kita bisa move one dari masa lalu yang kelam, maka yakinlah dengan pilihanmu itu masa depan akan terlihat lebih indah dari yang pernah kita bayangkan, karan seburuknya masalalu kita, yakinlah bahwa masa depan kita masih suci, maka bingkailah masa depanmu dengan pilihanmu yang akan menunjukanmu kepada kebahagiaan.

Banyaklah bersyukurlah

Perkara inilah yang terkadang sulit untuk kita lakukan, padahal apa susahnya sih untuk bersyukur, tanpa mengeluarkan uang sedikitpun, hanya melapangkan hati atas ketentuan Allah swt.

Jika kita selalu mensyukuri apa yang telah menjadi pilihan kita, maka tidak ada lagi penyesalan atas apa yang sudah menjadi pilihan itu, tanpa membanding-bandingkan dengan apa yang terjadi terhadap orang lain.

ketika hati sudah terbiasa dengan bersyukur maka dengan senang hati kita akan menerima apa pun yang terjadi dengan pilihan itu, bahkan ketika kesulitan menghampiri pun kita akan tetap semangat untuk terus berusaha atas apa yang menjadi tujuan kita.

***
Karna dengan bersyukur inilah kenikmatan akan selalu ditambah oleh sang maha pemberi kebahagiaan.

So bahagialah dengan apa yang menjadi petunjuk dari hatimu karna yakinilah bahwa apapun yang menjadi pilihanmu semua itu terjadi krna kehendak Allah SWT.

6 Fakta ini menunjukan bahwa Ibu Kota Lebih Kejam Dari Pada Ibu Tiri


Ibu tiri memang dikenal kejamnya oleh semua orang, entah mengapa itu bisa menjadi label yang sangat tidak baik untuk mereka padahal setau saya tidak semua ibu tiri memiliki label “kejam”.

Mungkin karena kasih sayangnya tidak selembut ibu kandung, dan cara memperlakukan anaknya yang tidak setulus ibu kandung, cara membagi waktunya tidak seadil ibu kandung, terlebih ibu tiri yang hanya mengincar harta ayah kandung kita, mungkin dia hanya sayang terhadap anak tirinya dihadapan ayah saja, namun dibelakang itu dia berubah menjadi macan yang sedang berburu dihutan rimba.

Hal ini dibuktikan dengan munculnya film yang menggambarkan bahwa ibu tiri memang sangat kejam, dalam film “Ratapan Anak Tiri” (film 1973) misalkan, disana digambarkan kejamnya ibu tiri yang tega mengusir anak tirinya sendri, membuat mereka terlantar dijalanan mencari ayah handanya yang entah dimana.

Hal ini memang saya rasakan, meski kejamnya tida seperti yang saya gambarkan diatas, meski saya tinggal bersama ibu tiri, beliau tidak segalak yang mereka pikirkan, kasih sayangnya saya rasakan seperti ibu kandung saya sendiri, namun ketulusannya tidak sampai hati saya yang terdalam.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Namun setelah saya beranjak pergi dari rumah untuk berkelana (saya gak diusir ibu tiri saya, namun ini keinginan saya), dan saya pergi menuju ibu kota, Jakarta. Seperti yang sudah dikenal banyak orang, mungin sudah dikenal dunia, karena yang hidup dijakarta bukan hanya penduduk asli Jakarta namun banyak juga pendatang dari luar kota bahkan dari luar Negeri, bahwa ibu kota Jakarta sangat memiliki karakter yang keras, banyak yang mengatakan bahwa “Jakarta itu keras, orang yang datang ke jakarta tanpa skill itu nihil”.

Pernyataan diatas memang saya rasakan sendiri, setelah genap 2 tahun saya tinggal dijakarta, berikut ini kekerasan Ibu Kota yang saya rasakan lebih kejam dari pada ibu tiri saya:

1. Tidak ada toleransi, barang siapa yang lebih kuat, dia yang lebih berkuasa.

Jangan berharap bisa hidup nyaman dijakarta tanpa sebuah skill yang membentengi dirimu, karena hidup dijakarta tanpa skill itu nihil, ini tidak ada toleransi lagi, karena Jakarta bukan kota untuk berleha-leha, namun sebuah kota yang dituntut seluruh penduduknya untuk bergerak dan mencari kehidupanya masing-masing.

Barang siapa yang lemah, dia akan tergeser dan terkalahkan tanpa belas kasih, oleh karena itu banyak kekejaman moral yang menimpa penduduk bawah yang tidak memililki kekuasaan dan kekuatan, mungkin mereka yang duduk dikursi goyang tidak pernah merasakan keadaan seperti ini, namun hal ini kerap dirasakan oleh orang-orang bawah yang tak memiliki apa-apa.

2. Hingga saat ini, belum ada solusi yang manjur untuk mengatasi kemacetan.

Kemacetan sudah menjadi makanan sehari-hari penduduk Jakarta, sepertinya kalau tidak macet itu bukan Jakarta, seakan ini menjadi icon kota yang tak mungkin untuk dirubah, meski belakangan ini ada program Ganjil dan Genap, namum belum menjadi solusi yang tepat untuk mengusir kemacetan di Ibu Kota.

Bagaimana tidak, Jakarta menjadi sumber segala kegiatan di Negara Indonsia, mulai dari budaya, politik, ekonomi, sehingga lalu lintas tikad ada padamnya setiap waktu, hal ini yang membuat padatnya penduduk di Ibu Kota.

3. Jakarta tak punya gunung. Sangat sulit untuk merasakan hawa sejuk yang alami di Jakarta.



Pencemaran udara, masih menjadi ancaman bagi warga Jakarta. Beberapa kalangan memastikan, pencemaran itu banyak dihasilkan dari kendaraan pribadi.

Dilansir dari Detik.com. berdasarkan hasil riset yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes, kadar polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) saat ini sudah mencapai taraf berbahaya. 

Terbukti dengan ditemukannya jejak polutan di 200 sampel penduduk Jabodetabek. “Sudah terdeteksi ada di biomarker (urine dan darah, red). Jadi kalau sudah ada di biomarker itu sudah pertanda, walaupun memang secara gejala belum begitu ketara,” paparnya.

4. Sampah menjadi permasalahan yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat Jakarta.



Seperti yang dilansir kompas.com. Hal tersebut berdasarkan infografis permasalahan dari laporan-laporan warga yang masuk melalui aplikasi media sosial, Qlue.

Dari infografis tersebut, keluhan mengenai sampah mencapai 24,1 persen, disusul pelanggaran dengan 16 persen, fasilitas umum dengan 12,7 persen, parkir liar dengan 9,1 persen, dan kemacetan dengan 7,4 persen.

5. Kebebasan tak terkendali dan unjuk kekuatan anarkis.


Secara keseluruhan, DKI Jakarta pun selalu menempati urutan tertinggi kekerasan anak selama lima tahun terakhir. Sementara untuk tingkat kekerasan terhadap perempuan, DKI juga menempati posisi pertama sejak sepuluh tahun terakhir.

"DKI Jakarta untuk kasus perempuannya itu untuk sepuluh tahun terakhir selalu tertinggi di Indonesia. Kalau masalah kekerasan anak itu sebenarnya fluktuatif tapi DKI lagi-lagi jadi wilayah kekerasan tertinggi," Margaretha. 

6. Ancaman banjir terjadi hampir diseluruh wilayah Jakarta.


Bencana banjir seringkali terjadi melanda daerah-daerah Indonesia, terutama Jakarta. Penyebab banjir terutama karena meluapnya sungai akibat curah hujan yang tinggi. Selain luapan, juga akibat genangan air yang menumpuk sulit meresap ke tanah apalagi pada saat sungai dan gorong-gorong terpenuhi air semua pasti terjadi banjir. Namun dibalik terjadinya banjir banyak faktor-faktor penyebab banjir akibat ulah manusia.

seperti halnya maccet di Jakarta, banjir pun belum ada solusi yang tepat yang mampu membendung kerasnya terjangan banjir di setiap wilayah Jakarta.

demikian hanya beberpa bukti bahwa Ibu Kota lebih kejam dari pada Ibu Tiri, masih banyak hal yang belum saya ulas disini, mungkin sobat semua sudah lebih hapal polemik yang terjadi di Jakarta ini, terutama penduduk asli Jakarta yang sudah lama tinggal disini.

Hai Kaum Adam, Yang Didekati Itu Orang Tuanya Bukan Anaknya

jodoh

Kamu sudah yakin untuk meminangnya? Kamu sudah siap untuk membingbingnya? Kamu sudah yakin kalau orang tuanya merestui kamu untuk menjadi menantunya? 

Terkadang banyak orang, khususnya kaum adam, mereka ingin memiliki anaknya tapi enggan untuk mendekati orang tuanya terlebih pemiliknya, Allah SWT. Padahal tanpa restu keduanya, sangat kecil kemungkinan cinta mereka bisa disatukan, meski bersatu namun ada sesuatu yang kurang.

Ada beberapa poin yang harus kamu ketahui ketika kamu sudah membidik satu wanita, sebelum kamu beranjak ke jenjang yang lebih serius.

1. Ridhonya orang tua adalah senjata yang harus kamu miliki.

jodoh

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa cinta tanpa restu orang tua akan menjadi harpan yang semu, karena jika mereka tidak meresetui cinta kamu, sangat sedikit kemingkinan untuk menyatukan cinta kamu dengan anaknya, meski bisa bersatu namun ada sesuatu yang hilang.

Jalan yang tepat adalah, mintalah ridho dari kedua orang tuanya dan restu agar kamu bisa memiliki anaknya sepenuhnya, jalinlah hubungan yang baik bukan hanya dengan anaknya namu seluruh keluarganya.

Karena jika kedua orang tuamu tidak sepakat dengan orang tua wanita yang kamu cintai, akan ada sengketa yang akan memisahkan kalian berdua dari cinta yang telah kamu bangun dengan kokoh.

Tentu ini akan merusak masa depanmu bukan, jika tidak ingin hal ini terjadi, mulailah membangun kemistri yang baik terhadap orang tuanya, agar kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan anaknya, ibarat sebuah pepatah “dapatkan dulu kuncinya baru buka pintunya” jika kamu sudah menguasai kuncinya maka kamu akan mudah untuk membuka pintu hati anaknya.

2. Orang tua selalu mengetahu mana yang lebih baik, lelaki yang mana yang pantas untuk anaknya, jika kamu ingin menjadi menantunya, perbaikilah dirimu.



Bukan hanya seorang wanita yang harus selalu dituntut untuk memperbaiki dirinya, namun kamu kaum adam juga harus bisa merubah sikap dan prilaku agar orang tua dari perempuan yang kamu cinta, juga mencintai kamu, hiasi dirimu dengan akhlak yang baik, karena orang tua akan banyak mempertimbangkan lelaki untuk menjadi suami anaknya, salah satu pertimbangan yang selalu mereka prioritaskan adalah akhlak yang baik dan pribadi yang positif.

Jika kamu sudah bisa menarik perhatian dari kedaunya, maka kamu tidak perlu susah payah untuk memikat anaknya, cukup kerapkan hubungan yang baik dengan orang tuanya maka simpati mereka akan lebih untuk kamu, tidak perlu membawakan mereka segudang harta yang kamu miliki, cukup bersikap dermawan dan toleran kamu akan memiliki nilai lebih dimata calon mertuamu.

3. Lelaki yang perhatian adalah sasaran yang dibidik setiap wanita, termasuk kedua orang tuanya.
jodoh
Jalan yang paling mudah untuk mendapatkan anaknya, menjadilah sosok lelaki yang memiliki empati dan simpati yang lebih terhadap orang tuanya, jika salah satu dari mereka ada yang sakit, maka luangkanlah waktu untuk menjenguknya, jika perlau bawalah buah-buahan, tunjukan jika kamu bukan hanya menyayangi anaknya namun kamu juga begitu memperhatikan kesehatan orang tuanya, dengan cara ini kamu akan lebih mudah untuk menyunting anaknya.

Segala hal yang kamu lakuakn terhadap orang tuanya akan menjadi catatan yang abadi dalam buku harianya, oleh karena itu berhati-hatilah saat bertemu dengan mereka, jaga sikap dan sopan santunmu, agar tidak ada tinta merah yang tergores dalam catatanya, jika hal itu terjadi, maka akan sulit untuk menghapusnya.

4. Tunjukan keseriusanmu kepada mereka untuk meminang putrinya, dengan cara bersikap dewasa dan adil.


Semakin luluh hati calon meretua kamu, maka akses kamu untuk mendapatkan putrinya akan semakin mudah, jika kamu memiliki sikap yang lebih dewasa, tentu kamu akan semakin disegani oleh mereka, dewasa dalam bersikap merupakan tanda bahwa hidup kamu sudah matang dan sudah pantas untuk menjadi seorang pemimpin keluarga.

Buatlah jadwal untuk berkunjung ke rumah calon mertuamu, bukan untuk menemui putrinya, namun untuk menjenguk orang tuanya, semakin dekat dengan mereka, maka akan semakin dekat dengan restu mereka, jika kamu adil dalam membagi waktu kapan harus menjenguk mereka dan kapan kamu harus beraktifitas, maka tanpa kamu sadari mereka akan semakin yakin bahawa kamu mampu bersikap adil ketika membina keluarga dengan putrinya.

Terlalu sering berkunjung pun tidak baik, oleh karena itu adillah dalam membagi waktumu karena masih banyak yang harus kamu siapkan selain untuk berkunjung ke rumah calon mertua kamu.

5. Jangan lupa, tata cara kamu berbicara merupakan faktor positif yang akan dinilai oleh mereka.


Tutur kata yang baik adalah sikap yang harus dimiliki setiap orang, karena selain dari tanda seorang muslim yang taat, seseorang yang bertutur kata baik juga akan memiliki nilai yang baik di mata orang lain, tuturkata yang baik menunjukan bahwa kamu seorang yang memiliki hati yang bersih dan sopan santun.

Kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara dia berbicara, semakin baik tuturkatanya maka semakin terlihat, bahwa dia memiliki sikap yang baik, karena apa yang kamu ucapkan menggambarkan situasi hati kamu, hati yang sakit akan menjalar ke seluruh tubuh manusia termasuk dalam berucap, maka jagalah hatimu agar hidupmu akan semakin baik.

Jika kamu memiliki hati yang besih maka seluruh jiwamu akan bersih termasuk tatacaramu berbicara, semakin baik tuturkatamu maka calon mertuamu semakin yakin, bahwa kamu mampu membina putrinya dengan baik, restunya sudah pasti kamu dapatkan.

6. Dampingi dengan do’a segala usaha yang kamu lakuakan.
pray
Keinginan tanpa usaha adalah dusta, usaha tanpa do’a adalah sia-sia, berdo’alah jika kamu ingin segala urusanmu berjalan lebih mudah, dekatilah penciptanya jika kamu ingin didekatkan dengan mereka, mintalah dengan hati yang tulus dan niat yang lurus.

Do’a adalah senjata untuk orang yang beriman, hanya do’a yang mampu mengubah takdir, semakin sering dan khusuk dalam berdo’a maka Allah akan semakin dekat dengan kamu, jika kamu dekat dengan Sang Kholiq apapun yang kamu inginkan insyaallah akan Allah jawab “udunii astajib lakum” memintalah padaku niscaya aku akan memberikannya padamu. Itulah janjiNya untuk makhluknya, dan janjiNya tidak ada yang menyimpang, janjiNya nyata, janjiNya akan Dia tepati selama kamu berada di jalan yang telah Dia tetapkan.


Semoga segala upaya dan usaha yang kita lakuakn selama ini, berada dalam RidhoNya dan RahmatNya, semoga kamu yang telah memiliki niat yang baik dan tulus untuk menjalin dan membina keluarga dengan orang yang kamu cinta mendapatkan Ridho dan RamhmatNya. Amiin.